Home » Travel & Kuliner » Wisata Jawa Timur : Berkunjung ke Goa Maharani, Pantai Tanjung Kodok WBL Lamongan

Wisata Jawa Timur : Berkunjung ke Goa Maharani, Pantai Tanjung Kodok WBL Lamongan



Lamongan – Jika anda sedang berada di Lamongan dalam rangka mengunjungi pantai Tanjung Kodok atau WBL  dan sekitarnya, tidak ada salahnya mengunjungi Goa Istana Maharani. Letaknya yang hanya memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Surabaya, membuat tempat ini jadi tujuan yang menarik untuk berlibur atau berakhir pekan bersama keluarga.

Goa Maharani Zoo WBL wisata Jatim

Ditemukan oleh seorang penggali tanah Coral untuk bahan phosphat pada tahun 1992, Goa dengan kedalaman 25 ini dipercaya mempunyai 2 ekor naga raksasa bermahkota sebagai penjaga dari Putri Roro Ayu Mantili, soarang putri kerajaan Madangkara. Cerita mitos ini pastinya membuat banyak wisatawan penasaran untuk mengunjungi tempat ini. Namun pesona utama dari Goa Maharani sebenarnya terletak pada Stalakmit dan stalaktit yang masih hidup dan tumbuh, meskipun hanya 1 cm/ 10 tahunnya.

Bentukan dari Stalakmit dan stalaktitya sangat unik karena menyerupai bentuk-bentuk dari organ tubuh manusia, hewan, tumbuhan, maupun singgasana raja. Bagian dalam goa yang telah dilengkapi dengan desain pencahayaan sedemikian rupa agar, stalagtit dan batu batu di dalam Goa Maharani ini tampak sangat menawan dan menakjubkan. Menurut Irwan (35), ia tidak perlu khawatir akan keselamatan kedua anaknya saat mengunjungi Goa Maharani Rabu (30/07/2014) karena pengelola sudah memperhatikan keamanan pengunjung dengan memasang pagar besi sebagai pembatas jalur.

Dengan luas 2.500 m2, pengunjung biasanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk mengitari gua dengan mengikuti tangga dan jalan setapak dari bahan semen yang dibangun didalam gua. Tidak ada perasaan pengap ketika di dalam, karena pengelola telah membuatkan lubang ventilasi lengkap dengan blower untuk kenyamanan pengunjung. Goa Maharani memiliki harga tiket masuk yang murah, mengingat kindahan alam ini telah dikelola dengan profesional. Hanya dengan Rp 25.000 – Rp 30.000 wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan goa Maharani, tetapi harga tiket tersebut sudah termasuk Maharani Zoo yang memang berada di satu area.

Baca Juga :
Maharani Zoo Satu Lagi Kebun Binatang di Daerah Wisata Bahari Lamongan
Wisata Bahari Lamongan (WBL), Tempat Berlibur Keluarga

Bagi wisatawan penghobby batu mulia, Goa Maharani mempunyai Gem Stone Gallery. Gem Stone Galeri adalah Museum Batu dimana terdapat banyak koleksi batu mulia dengan desain yang unik dan menawan, diantaranya yaitu Amethys (Kecubung), Emerald (Jamrud), Jade (Giok), Shicuan (sejenis Permata), Heulandite, Emerald, Full Gurit (sejenis batu kapur), Mosautut Fosil berbentuk gigi buaya (Aligator), Malachite, Ammonethys berbentuk seperti keong, Fosil daun, dll. Gem Stone galery in juga merupakan sarana belajar bagi mereka yang masih pemula karena disini banyak juga tersedia kaca pembesar untuk melihat batu secara detail, serta penjelasan akan batu batu yang dipamerkan. (Deni Suroyo – SisiDunia.com)