Home » Gaya Hidup » Info Arus Balik Lebaran 2014: Hindari Minuman Berenergi Saat Berkendara

Info Arus Balik Lebaran 2014: Hindari Minuman Berenergi Saat Berkendara



Jakarta – Setelah puas berlibur dan bersilaturahmi di kampung halaman, tiba saat kembali ke kota tempat bekerja. Untuk memaksimalkan tenaga, biasanya pengemudi meminumam minuman berenergi yang berkafein tinggi agar tetap terjaga. Hal ini sebaiknya dihindari saat pengemudi terjebak di arus balik lebaran 2014, karena hanya akan membuat lebih mudah lelah walaupun di awal tampak bersemangat dan bertenaga.

Hindari-Minuman-Berenergi

Menurut wawancara SisiDunia kepada Dr Sri Widiyaningsih Rabu (30/07/2014) seorang direktur medis RS Mitra Keluarga Depok, makanan bergizi dan konsumsi air putih yang cukup tetapi tidak berlebih sudah cukup untuk memberikan tenaga extra saat menjelang arus balik Lebaran 2014. Minuman berenergi ada baiknya digantikan dengan suplemen vitamin dan mineral, agar daya tahan tubuh lebih maksimal.

Apalagi pada saat berlebaran dan Idul Fitri biasanya tubuh telah dipenuhi semua kebutuhan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan cairan dengan baik dengan banyaknya konsumsi hidangan-hidangan Lebaran yang disajikan di kampung halaman. Tidak lupa Dr Sri juga menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah buahan karena kaya akan vitamin, cairan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah daya tahan tubuh.

Konsumsi minuman berenergi pada saat berkendara sebenarnya sangat tidak menguntungkan, karena kebanyakan efek sampingnya adalah membuat pengonsumsinya buang air kecil lebih sering sehingga membuat tubuh dehidrasi. Kejelekan lainnya adalah ketika pengendara secara sadar maupun tidak mengalami dehidrasi akan berpengaruh pada konsentrasi saat menyetir di jalur padat arus balik Lebaran 2014 ini.  (Deni Suroyo – SisiDunia.com)