Home » News » Info Arus Balik Lebaran 2014: 10 Titik Jalur Selatan Yang Rawan Macet dan Kecelakaan

Info Arus Balik Lebaran 2014: 10 Titik Jalur Selatan Yang Rawan Macet dan Kecelakaan



Jakarta – Libur Lebaran 2014 hampir berakhir, dan hiruk pikuk arus balik telah mulai terasa kepadatannya di H+2 Idul Fitri 1435H saat ini. Seperti yang dialami saat mudik, diperkirakan arus balik 2014 ini akan tetap memadati jalur pantai utara Jawa (pantura), namun banyaknya pemudik yang kelelahan saat mengalami kemacetan karena diperbaikinya jembatan Comal di Pamalang, kemungkinan besar pemudik akan mengambil jalur selatan sebagai jalur alternatif untuk kembali ke ibukota.

Jalur Selatan Yang Rawan Macet

Jarak tempuh Jogja – Jakarta yang lebih cepat daripada melewati jalur Pantura, dan infrastruktur yang sudah banyak diperbaiki, membuat pemudik akan lebih memilih jalur selatan untuk kembali ke daerah Jabodetabek. Di jalur selatan ini juga telah banyak dipasang rambu lalu lintas, lampu dan penerangan jalan yang memadai serta didirikannya banyak pos polisi untuk membantu kelancaran perjalanan pemudik.

Namun, jalur Selatan yang berkelok kelok dan naik turun membuat pemudik yang masih awam dengan jalur ini harus extra hati hati. Meskipun telah banyak peningkatan di jalur Selatan, banyaknya jumlah pengguna arus ini juga akan membuat kemacetan di beberapa titik. Sepuluh diantaranya yang diinformasikan kepada SisiDunia oleh Dislantas Rabu (30/07/2014) adalah Pasar tumpah di Karanganyar Kebumen, Depan pasar Gombong, Ciawi, Pertigaan Buntu, Malabong.

Pengemudi yang sudah berpengalaman dibutuhkan saat melewati Tanjakan Nagrek dan kawasan puncak, karena kendaraan bisa berhenti untuk antri di keadaan jalan yang miring dan naik. Selain itu 3 titik kemacetan lain adalah di Pertigaan Tol Cikopo, Simpang Jomin dan daerah Cisarua. (Deni Suroyo – SisiDunia.com)