Home » News » Lebaran 2014 : Tetapan Pemerintah sama dengan Muhammadiyah dan NU

Lebaran 2014 : Tetapan Pemerintah sama dengan Muhammadiyah dan NU



Jakarta – Pemerintah melalui Kemenag (Kementrian Agama) telah melakukan sidang Isbat guna menetapkan 1 Syawal 1435 H. Dipimpin langsung Lukman Hakim Saifudin selaku Menteri Agama, hasil tetapan yang didapatkan serupa dengan Muhammadiyah yang telah terlebih dahulu menetapkannya, yaitu 28 Juli 2014.
Lebaran 2014 Tetapan Pemerintah sama dengan Muhammadiyah dan NU
Lukman Hakim Saifudin datang dengan menggunakan peci berwarna hitam langsung masuk dan mendengar penjelasan dari Cecep Nurwendaya selaku Perwakilan Badan Hisab Rukyat untuk membeberkan informasi data yang dimilikinya. “Hisab minimal 2 derajat untuk menentukan hilal,” ucap Cecep diawal, Jakarta, Minggu (27/07/2014).

Baca Juga :

Lebaran 2014 : Muhammadiyah Yakin Tetapkan Idul Fitri Keluarannya Sama dengan Pemerintah dan NU

Disampaikan pula oleh Cecep bawah ketinggian Hilal diwilayah Mekkah lebih rendah dibandingkan di Jakarta. Hal tersebut disebutkan karena posisi bulan ternyata cukup ekstrim. “Karena berada di sebelah selatan matahari,” tandasnya. Dan berdasarkan pantauannya, maka ketinggian hilal pun sudah dipastikan.

Tingginya Hilal dipastikan telah memenuhi syarat untuk menentukan 1 Syawal 1435 H yang jatuh tepat pada 28 Juli 2014. “Menurut ketinggian hilal, 1 syawal 1435 H jatuh pada Senin 28 Juli 2014 sesuai hisab. Ketinggian di atas tiga derajat juga terdapat di Pelabuhan Ratu (3.67 derajat),” ungkapnya lebih jauh.

Dan pada sidang Isbat menentukan 1 Syawal 1435 H kali ini, sebuah pemandangan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya terlihat sangat jelas dimana Din Syamsuddin selaku Ketum Muhammadiyah yang juga merupakan Ketua Umum MUI turut hadir dengan mengenakan jas serta peci berwarna hitam. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)