Home » Gaya Hidup » Sholat Id : Bacaan Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri

Sholat Id : Bacaan Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri



Solo – Sholat Id memang hukumnya sunnah untuk dilakukan, namun demikian tentu sangat sayang untuk dilewatkan mengingat kehadirannya hanya satu kali dalam jangka waktu satu tahun. Dan karena tidak selalu dilakukan, maka tak jarang pula masyarakat secara umum lupa mengenai bacaan untuk melakukannya.
Sholat Id Bacaan Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri
Berdasarkan berbagai narasumber yang diperoleh SisiDunia, Sabtu (26/07/2014), adapun niat untuk melakukan Sholat Id untuk Imam adalah ‘ushalli sunnatan li’idzil fitri rok’ataini imaman lillahi ta’ala. Sedangkan bagi makmum bacaan niatnya ushalli sunnatan li’idzil fitri rok’ataini makmuman lillahi ta’ala.

Baca Juga :

Sholat Id : Tata Cara Sholat Hari Raya Idul Fitri

Setelah niat diucapkan Imam/Makmum, maka dilakukanlah 7 kali takbir dimana untuk setiap takbirnya membaca kalimat Subhanallah Walhamdulillah Walailaha Illallah Wallahu Akbar. Kemudian sang Imam membacakan surat utama Al-Fatihah serta salah satu surat yang ada didalam kitab suci Al Qur’an.

Lalu gerakan maupun bacaan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan Sholat lima waktu. Kemudian pada rakaat kedua, proses pelaksanaannya serupa dengan rakaat pertama. Perbedaannya hanya berada dibagian jumlah takbir, rakaat kedua berjumlah lima kali takbir. Gerakan serta bacaan selanjutnya serupa dengan lima waktu, lalu tahiyat akhir, dan diakhiri salam. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)