Home » News » Lebaran 2014 : Muhammadiyah Yakin Tetapkan Idul Fitri Keluarannya Sama dengan Pemerintah dan NU

Lebaran 2014 : Muhammadiyah Yakin Tetapkan Idul Fitri Keluarannya Sama dengan Pemerintah dan NU



Jakarta – Organisasi masyarakat Islam terbesar kedua di Indonesia, Muhammadiyah, telah menetapkan perayaan hari raya Idul Fitri 1435 H jatuh pada 28 Juli 2014. Dan tetapan tersebut diyakini akan serupa dengan pihak pemerintah Indonesia maupun Nahdlatul Ulama sebagaimana diungkapkan oleh Abdul Mukti.
Lebaran 2014 Muhammadiyah Yakin Tetapan Idul Fitri Keluarannya sama dengan Pemerintah dan NU
Sekretaris PP Muhammadiyah tersebut mengatakan kemungkinan besar penetapan 1 Syawal 1435 pemerintah dan NU akan sama dengan pihaknya karena hilal posisinya sudah meninggi, tepat ada diatas 3 derajat. Disampaikan pula perbedaan didalam menentukan awal Ramadhan sebelumnya berlangsung karena metode penentuannya berbeda.

“Kemarin (awal Ramadan) itu berbeda karena masih nol koma, bahkan dibeberapa wilayah masih minus. Jadi kemungkinan sama dengan pemerintah dan MUI. Ada kemungkinan juga dengan NU, itu akan sama,” ungkapnya. Didalam menentukan bulan baru, pihak Muhammadiyah melihatnya dari hilal yang sudah muncul berapapun derajatnya.

Sedangkan pemerintah memiliki keyakinan hilal bisa terlihat apabila batas minimum sudah mencapai 2 derajat diatas ufuk. Tahun ini, pihak Muhammadiyah mulai menghitung awal Ramdhan 1435 H pada 28 Juni 2014. Sedangkan pemerintah serta beberapa organisasi masyakarat Islam lainnya satu hari setelahnya.

Sementara pemerintah masih akan melakukan sidang isbat untuk menentukan jatuhnya hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1435 H, maka pihak Muhammadiyah telah menetapkan perayaannya bertepatan dengan tanggal 28 Juli 2014, diiringi keyakinan pemerintah maupun sejumlah organisasi masyarakat Islam lainnya akan memiliki penetapan serupa. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)