Home » Travel & Kuliner » Resep Ketupat Lebaran : Cara Praktis Membuat (Memasak) Ketupat Dan Lontong

Resep Ketupat Lebaran : Cara Praktis Membuat (Memasak) Ketupat Dan Lontong



Surabaya – Membuat atau memasak ketupat janur maupun lontong membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal, walau demikian banyak juga yang belum begitu paham dalam hal memasak ketupat dan hal ini bisa jadi karena masakan sehari-hari kita dan biasanya akan kita jumpai ketika kita merayakan lebaran dengan menu masakan yang sudah dipersiapkan.

Untuk membuat ketupat sebenarnya ada yaitu ketupat janur dan ketupat lontong, terserah anda tinggal pilih saja yang terpenting anda mengetahui cara memasaknya dengan benar. Untuk itu tim kreatif sisiduniacom memberikan tutorial cara memasak ketupat sebagai berikut :

BACA JUGA : CARA MELIPAT KETUPAT JANUR LEBARAN

cara memasak ketupat janur lebaran, cara membuat ketupat lebaran

CARA MEMASAK KETUPAT

KETUPAT JANUR :

* Siapakan kulit ketupat dengan ukuran yang sama agar matangnya bersamaan. Cuci bersih kulit ketupat dan tiriskan.
* Cuci bersih beras pulen  lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.
* Isi kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulitnye terisi beras.
* Susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar. Tuangi air panas lalu masak selama 2-3 jam hingga ketupat padat. Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya.
* Angkat ketupat dan tiriskan lalu gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin

KETUPAT LONTONG :

* Untuk membuat lontong pertama siapkan daun pisang batu yang tidak terlalu tua. Lap hingga bersih dan kering. Potong-potong berukuran sekitar 30x20cm.
*Cuci bersih beras pulen lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.
*Siapkan lidi untuk menyemat, bisa dibuat dari lidi daun kelapa.
* Gulung 2 lembar daun pisang dengan bagian hijau menghadap ke dalam sehingga menyerupai silinder. (Ini supaya lontong berwarna hijau). Semat salah satu ujungnya dengan lidi.
* Isi contong/gulungan daun pisang dengan beras hingga sekitar ½ tinggi gulungan lalu semat ujung yang satu dengan lidi.
* Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri.
* Tuangi air hingga lontong terendam, Bisa ditambahkan potongan daun pandan dalam air rebusannya.
* Masak dengan api sedang selama 2 jam, jika air berkurang tambahkan air panas. Masak terus sampai lontong padat dan kenyal.
* Angkat lontong, tiriskan dalam posisi berdiri dan angin-anginkan hingga dingin.

Jika anda sudah mengikuti petunjuk dengan benar cara membuat atau memasak ketupat lebaran diatas maka anda mendapatkan sebuah ketupat dengan cita rasa khas, resep diatas kami angkat dari laman ibujempol yang kami jadikan rujukan supaya nantinya anda bisa mencoba cara memasak ketupat yang benar yang bisa anda gunakan kala merayakan hari lebaran nanti yang identik dengan masakan ketupat. (Moch Asnan – www.sisidunia.com)