Home » Travel & Kuliner » Ketupat Lebaran : Cara Melipat Atau Mengayam Ketupat Janur Daun Kelapa

Ketupat Lebaran : Cara Melipat Atau Mengayam Ketupat Janur Daun Kelapa



Surabaya – Dalam mempersiapkan bulan yang fitri di hari raya lebaran nanti banyak hal yang bisa diperlukan oleh kita terutama pata ibu yang ingin mempersiapkan menu masakan, sudah menjadi tradisi kalau dihari lebaran banyak sekali orang yang menikmati ketupat lebaran yang mempunyai rasa khas tersendiri.

Hanya saja sebagian orang malas kesulitan untuk mendapatkan ketupat janur, bahkan terkadang para ibu mengambil jalan pintas yaitu membeli dipasar tradisional karena ingin membuat sendiri akan terasa sulit, dan jika anda ingin belajar bagaimana cara melipat ketupat anda bisa mempelajari tips nya berikut ini yang merujuk pada laman tempatonlineku dan dituliskan sisiduniacom pada jumat (25/7/2014).

cara melipat ketupat lebaran, tips mengayam ketupat lebaran, ketupat lebaran

BAHAN :

* satu buah janur daun kelapa yang masih muda

CARA MENGAYAM (MELIPAT) :

* Gulung janur sampai tiga kali gulungan di tangan sobat onliners dengan posisi bagian pangkal janur menghadap ke atas.
* Ambil janur satu lagi, lalu gulungkan juga pada tangan sobat onliners sebanyak tiga kali. Tapi kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
* Buatlah kedua gulungan janur menjadi saling bersilangan. Tapi janur harus tetap dalam keadaan posisi tergulung.
* Ambil salah satu ujung janur lalu putar ke belakang susunan janur tadi.
* Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, menuju ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tadi dilakukan seperti mengayam.
* Teruskan ayaman janur tadi sampai bawah. Dan lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.

* Pangkal janur yang telah berada di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal seperti ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

VIDEO YOUTUBE CARA MELIPAT KETUPAT JANUR

Sumber video: http://www.youtube.com/watch?v=xSdggdTYNsE

Untuk mendapatkan ketupat secara maksimal perhatikan dengan seksama tutorial diatas dan video nya, karena suatu kebanggan tersendiri bagi kita semua bisa melipat ketupat tanpa harus membeli dari orang lain, karena tidak semua orang bisa mengayam atau melipat ketupat janur. (Moch Asnan – www.sisidunia.com).