Home » News » Kabinet Jokowi-Jk Usulkan Risma Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi

Kabinet Jokowi-Jk Usulkan Risma Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi



Jakarta – Salah satu lagi calon menteri yang digadang-gadang akan mengisi pos di salah satu kementrian kabinet yang akan dibentuk oleh presiden dan wakil presiden terpilih pada pemilihan presiden 2014. Seperti yang dipantau sisidunia.com dari Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (24/7/2014), nama walikota Surabaya Tri Rismaharini di usulkan menjadi salah satu calon menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pemilihannya yang sebagai walikota wanita pertama yang dipilih langsung oleh pemilihan kepala daerah pasca era Reformasi 98, sempat menjadi nominasi walikota terbaik didunia itu mengingat apa yang telah dilakukannya untuk kota Surabaya.

Kabinet Jokowi-Jk Usulkan Risma Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi

Tri Rismaharini

Risma dianggap berhasil telah membuat aparatur pemerintahan kota Surabaya berjalan dengan baik, dimana nantinya apabila bila terpilih dapat memperbaharui pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Indonesia. Wanita kelahiran 20 November 1961 sendiri merupakan pejabat pemerintah yang telah masuk dalam jajaran pemerintahan sempat menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan Kepala Badan Perencanaan Kota sampai 2010 tersebut mengawali pengabdian menjadi pegawai negara sipil sejak tahun 1990. Walikota perempuan pertama ini juga di calonkan oleh partai PDIP dalam pemilihan walikota.

Tri Rismaharini sendiri merupakan sarjana lulusan Arsitektur dari Instituf Sepuluh November pada tahun 1987. Akhirnya melanjutkan pendidikan ke jenjang sleanjutnya program pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota pada Institusi yang sama. Prestasi bergengsi yang diperoleh dalam pembangunan kota Surabaya sendiri yakni Kota terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik versi Citynet. Penghargaan Piala Adipura 3 kali secara beruntun sejak 2011 sampe 2013 dalam kategori Kota Metropolitan. (Fauji Nur – sisidunia.com)