Home » News » Kabinet Jokowi-Jk : Ketua KPK Abraham Samad Nominasi Menteri Dalam Negeri

Kabinet Jokowi-Jk : Ketua KPK Abraham Samad Nominasi Menteri Dalam Negeri



Jakarta – Telah beredar sejumlah nama-nama nominasi yang ada dalam Kabinet Alternatif Usulan Rakyat yang dipantau pada situs jokowicenter.com pada (25-07-2014), terdapat nama ketua Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai calon yang akan mengisi posisi di Kementrian Dalam Negeri. Posisi Abraham Samad sendiri sebagai ketua anti rasua tersebut diharapakan mampu mengemban tugas sebagai Mendagri. Abraham sendiri sempat dicalonkan sebagai wakil presiden pada pemilihan presiden dan wakil presiden 2014 mendampingi Joko Widodo.

Kabinet Jokowi-Jk : Ketua KPK Abraham Samad Nominasi Menteri Dalam Negeri

Abraham Samad

Pria asal Makasar ini sendiri merupakan lulusan Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Hasanudin. Lahir di Makasar pada 27 November 1966, yang pada awalnya merupakan seorang advokat. Sempat mendirikan lembaga swadaya masyarakat yakni ACC (Anti Coruption Communittee). Kegiatan utama dari lsm ini sendiri bergerak menangani kasus pemberantasan korupsi serta mendorong terciptanya sistem pemerintahan dan pelayan publik yang baik.

Hal ini mungkin menjadi dasar bagi tim Jokowi-Jk memasukakan nama Abraham dalam nominasi Menteri Dalam Negeri. Sempat ikut dalam pemilihan calon anggota DPD dan Komisi Yudisial namun gagal, akhirnya memutuskkan ikut dalam seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi pada 2011. Abraham sendiri terpilih sebagai ketua KPK setelah berhasil mengikuti seleksi untuk yang ketiga kalinya dan berhasil meraih suara terbanyak pada saat pemilihan yang dilakukan dengan sistem voting oleh komisi III DPR. Abraham sendiri beserta ketua terpilh lainya dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 16 Desember 2011 bertempat di istana negara. (Fauji Nur – sisidunia.com)