Home » Travel & Kuliner » Resep Kue : Kastengel Kering Enak, Gurih, dan Spesial

Resep Kue : Kastengel Kering Enak, Gurih, dan Spesial



Surabaya – Salah satu jenis kue kering yang sangat diminati dan banyak dihidangkan sewaktu lebaran adalah kue kastengel. Selain rasanya yang enak dan gurih, tampilannya yang kecil dan cantik seakan membuat kita jadi ingin terus mengambil hidangan kue yang satu ini di saat tersaji di meja. Kue kering lebaran ini biasanya menjadi hidangan kue lebaran utama selain daripada jenis kue kering yang lainnya, seperti kue nastar, wafer, coco chips, dan yang lainnya.

resep kue kastengel

Pada umumnya orang-orang membeli kue kastengel karena tidak ingin merasa repot dengan membuat kue tersebut dikarenakan waktu yang tidak cukup. Namun demikian, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba memasak sendiri dan mengolahnya agar menjadi kastengel yang enak tentunya.

Berikut ini merupakan resep kue kastengel seperti dilansir tim sisidunia.com, Kamis (24/07/2014), dimana resep kue kering bisa Anda coba di rumah :

  • Pertama-tama, siapkan beberapa jenis bahannya seperti tepung terigu sebanyak 500 gr (usahakan yang berprotein rendah), 250 gr butter, 300 gr keju edam (kemudian diparut), 150 gr margarin, 200 gr mentega yang tawar, empat butir telur ayam (diambil kuningnya saja), dan 50 gr susu bubuk
  • Kemudian, untuk persiapan bahan olesnya, siapkan 100 gr keju cheddar (diparut juga), satu butir telur ayam yang diambil kuningnya, dan bisa juga siapkan sedikit madu untuk mempercantik warna olesan
  • Setelah semua bahan dasar dan bahan olesan sudah siap, barulah kita mulai mengolah. Siapkan tempat untuk adonannya, kalo bisa yang sedikit besar. Kocok butter beserta margarin (usahakan menggunakan mixer) sampe merata. Kemudian kuning telur dari 3 butir telur ayam tadi dimasukkan. Mixer terus sampai berasa sudah rata. Lalu ambil wadah yang lain yang kosong. Masukkan tepung terigu dan susu bubuknya, kemudian campur dan aduklah lagi sampai merata (kalo bisa diayak), dan sesudah itu masukkan campuran tepung dan susu tadi ke dalam adonan.
  • Selanjutnya parutan keju edam juga dimasukkan ke dalam adonan sambil diaduk atau digiling.  Setelah selesai, kemudian potonglah adonan menjadi bentuk kastengel, ukurannya tergantung selera, namun pada umumnya bentuknya kecil memanjang. Setelah itu, siapkan loyang yang sudah diolesi margarin. Kemudian potongan adonan tadi ditempatkan di loyang yang sudah disediakan. Setelah ditempatkan di loyang, olesi adonan dengan bahan-bahan olesan yang sudah disebutkan di atas. Taburi keju cheddarnya. Kemudian panggan ke dalam oven dengan suhu sekitar 150 derajat dan tunggu sekitar kurang lebih 35 menit. Setelah matang, kue kastengel pun siap untuk dihidangkan. Selamat mencoba.

(Deva Hikmah – sisidunia.com)