Home » News » Prediksi Kabinet Jokowi JK : Beberapa Nama Tokoh Masuk Dalam Daftar

Prediksi Kabinet Jokowi JK : Beberapa Nama Tokoh Masuk Dalam Daftar



Jakarta – Usai pilres 2014, perhatian masyarakat kini tertuju pada susunan kabinet yang akan dibentuk oleh Jokowi JK. Para Menteri yang kemungkinan besar di isi oleh para profesional ini diharapkan mampu membantu Jokowi JK dalam mewujudkan Indonesia yang baru.

Prediksi Kabinet Jokowi JK : Beberapa Nama Tokoh Masuk Dalam Daftar

Jokowi JK

Secara khusus, JK yang saat itu hadir di acara mata najwa, kemarin (24/7/2014), mengatakan bahwa kabinet nanti akan dilakukan secara gotong royong. Tokoh yang pernah menjadi Wapres era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini tidak menampik jika nanti ada orang partai yang masuk ke dalam daftar nama Menteri.

Menurut Jusuf Kalla, pasti ada profesional yang ada didalam partai, dan untuk itu, harus ada persetujuan terlebih dahulu dari pimpinan partai untuk mengambil orang tersebut menjadi Menteri.

Sementara itu, Faisal Nurdin Idris selaku pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah saat ditemui oleh wartawan sisidunia.com Kamis (24/7/2014) mengatakan bahwa ada beberapa tokoh yang kemungkinan akan masuk ke dalam daftar kabinet Jokowi JK. Menurut pengamat ini, dari partai Nasdem ada nama Ferry Mursyidan Baldan, sedangkan dari PDIP diprediksikan Puan Maharani, Andi Widjayanto, Teten Masduki, dan Ryke Dyah Pitaloka akan memperkuat kabinet Jokowi JK.

Nama lain yang kabarnya dipertimbangkan menjadi Menteri adalah Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Prof. Komaruddin Hidayat.

Sementara itu Sekjen PDIP, Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa dalam pembentukan kabinet nanti tidak ada bagi-bagi kursi. Menurut Tjahjo, pembicaraan mengenai kabinet akan difokuskan pada bulam Oktober nanti, karena saat ini Jokowi masih fokus untuk menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. (Samsul Arifin – sisidunia.com)