Home » News » Kabinet Jokowi-JK : Garin Nugroho Akan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif ?

Kabinet Jokowi-JK : Garin Nugroho Akan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif ?



Jakarta – Dalam pantuan sisidunia.com pada (24-07-2014) sutradara Garin Nugroho digadang-gadang sebagai calon menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti yang tertera pada jokowicenter.com lulusan dari Institut Kesenian Jakarta pernah menempuh pendidikan Film dari Fakultas Sinematografi IKJ lulus pada tahun 1985, serta pernah menempuh pendidikan Hukum di Universitas Indonesia pada tahun 1991. Garin sendiri dikenal sebagai seorang produser serta sutradara yang telah banyak menciptakan film-film tanah air, diantaranya Daun diatas Bantal(1997), Rindu Kami Padamu (2004) dan Generasi Biru (2009).

Kabinet Jokowi-JK : Garin Nugroho Akan menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif ?

Garin Nugroho

Pria kelahiran di Jogjakarta pada 6 juni 1961 mempunyai nama lengkap Garin Nugroho Riyanto, sempat mendirikan sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat yang bernama SET pada tahun 1987. LSM tersebut bergerak menciptakan spririt penciptaan dan membuat komunitas serta bahasa baru. Orang yang terkenal dengan adanya lembaga swadaya masyarakat yaitu sutradara muda Riri reza.

Selama berkarier di dunia perfilman Garin Nugroho lebih dikenal sebagai pembuat film dokumenter dan kritikus film. Diman telah menghasilkan lebih dari 20 (film pendek, dokumneter dan film panjang). Adapun penghargaan bergensi yang pernah diraih termasuk salah satu dari enam sutradara inovatif dunia pada perayaan 250 Mozart. Di bidang musik pernah menyutadarai pembuatan video klip pad artis Titi DJ, Katon Bagaskara dan January Christy. Sempat juga memperoleh Trofi visia pada final Video Musik Indonesia di tahun 1994-1995 dengan Video klip Negeri Di Atas Awan yang dinyanyikan oleh Katon Bagaskara.