Home » News » Berita Susunan Kabinet Indonesia Hebat: Jokowi-JK Sepakat Bentuk Kabinet Ramping

Berita Susunan Kabinet Indonesia Hebat: Jokowi-JK Sepakat Bentuk Kabinet Ramping



Jakarta โ€“ Komisi pemilihan Umum (KPU) memang telah menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih yaitu pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) untuk Pilpres 2014 ini. Dengan demikian untuk saat ini yang dinanti masyarakat adalah bagaimanakah susunan kabinet dari Jokowi-Jk ini.

Berita Susunan Kabinet Indonesia Hebat: Jokowi-JK Sepakat Bentuk Kabinet Ramping

Dalam keterangan persnya, Kamis (24/7/2014), Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Patrice Rio Capella, mengungkapkan bahwa banyak yang berharap nantinya kabinet bentukan Jokowi-JK akan dilengkapi dengan wajah-wajah baru.

Dari keterangan Patrice, sampai saat ini baik Jokowi-JK ataupun partai pengusung yaitu PDIP, PKB, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan PKPI, sama sekali belum membahas terkait komposisi kabinet. Bahkan adanya kemungkinan pos-pos baru yang ada di kabinet juga belum dibahas.

Rencananya baru pada Agustus 2014 nanti Jokowi-JK bersama dengan partai pengusungnya akan baru akan membahas komposisi kabinet. Bahkan Patrice juga belum memberikan kepastian bagaimana perwujudan kabinet dari Jokowi-JK.

Memang jika mengacu pada UU Kementerian Negara ada 35 pos. Namun semua belum tentu bisa jadi ada penambahan ataupun pengurangan, ungkap Patrice Rio Capella. Sebagai informasi bahwa memang sebelumnya pihak Jokowi telah menyiapkan kantor transisi untuk pelantikan presiden dan wakil presiden yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2014, ungkap Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/7/2014).

Baca juga :
Kabinet Joko Widodo Jusuf Kalla : Bayang-Bayang Politik Bagi-bagi Kursi
Jokowicenter.com Buka Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR)
Berita Susunan Kabinet Jokowi-JK: Jika Diminta Hanura Siap Ikut Serta Mengisi Posisi Menteri
Prediksi Kabinet Jokowi JK : Beberapa Nama Tokoh Masuk Dalam Daftar

Tujuan kantor ini untuk membahas berbagai persoalan dan juga persiapan bagi para personel dalam susunan kabinet yang akan diperbantukan dalam pemerintahan Jokowi-JK.Dalam kurun waktu 2,5 bulan Jokowi bersama dengan timnya akan berkonsentrasi atas perencanaan, pemetaan orang-orang ang tepat. Sayangnya sampai saat ini belum diketahui berapa porsi untuk profesional dan juga politikus. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)