Home » News » Profil dan Biodata Jokowi , Sang Presiden Indonesia ke 7

Profil dan Biodata Jokowi , Sang Presiden Indonesia ke 7



Jakarta – Joko Widodo, sang presiden terpilih, akan menjadi Presiden Republik Indonesia untuk periode tahun 2014-2019. Seperti liputan dari tim sisidunia.com, Selasa (22/07/2014) di gedung KPU kemarin, Jokowi menang dengan perolehan total suara sebanyak 70.997.883, jauh mengungguli rival beratnya Prabowo Subianto yang hanya memperoleh suara sebesar 62.576.444. Pria yang memiliki perawakan kurus tinggi tersebut mampu mengalahkan rivalnya yang juga maju sebagai capres, yakni Prabowo Subianto.

Profil dan Biodata Jokowi , Sang Presiden Indonesia ke 7

Gubernur DKI Jakarta ini memanglah sangat populer di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Namanya melejit berkat prestasinya memimipin kota Solo dan Jakarta, dan gaya blusukannya menjadi sesuatu yang dianggap merakyat, sesuatu yang jarang kita temui pada pemimpin-pemimpin yang terdahulu.

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 21 Juni 1961. Beliau memiliki istri bernama Iriana Joko Widodo dan dianugerahi tiga orang anak, yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep. Sosok yang dikenal hobi dengan musik rock ini mengawali karirnya dengan menjadi pengusaha mebel dan kayu, sesudah beliau mengenyam pendidikan sebagai sarjana di Universitas Gajah Mada (UGM).

Pada tahun 2005, Jokowi terpilih sebagai Walikota Solo. Keberhasilannya membawa Solo meraih beberapa prestasi dan kedekatannya dengan rakyat membuatnya terpilih kembali sebagai Walikota Solo dengan pemilihnya mencapai suara sebesar 90%. Salah satu terobososannya yang populer adalah mempublikasikan mobil buatan anak negeri yakni mobil es em ka ke nasional.

Atas prestasi dan kepopulerannnya tersebut, beliau ditunjuk untuk menjadi calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2012. Meskipun pada saat itu Jokowi mendapatkan perlawanan politik yang keras dari lawan calonnya, namun sosok Jokowi rupanya mampu mengalahkan semua bentuk kampanye negatif yang diterimanya. Terpilihlah Jokowi sebagai Gubernur DKI, dan selama periode membangun kota Jakarta, berbagai prestasi yang diraihnya cukup banyak di waktu yang singkat. Seperti contoh, adanya kartu pintar dan kartu sehat bagi Jakarta. Pembersihan pemukiman kumuh, pengadaan taman di kota, pergantian lurah secara online, dan masih banyak yang lainnya.

Atas prestasinya itulah Jokowi kemudian diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk maju sebagai calon presiden Republik Indonesia. Di saat masa kampanye, segala bentuk isu negatif dan fitnah menyerang bertubi-tubi ke Jokowi. Isu SARA dan fitnah tersebut seakan tak menggoyangkan kepopuleran Jokowi dan kesederhanaannya yang membuat rakyat Indonesia menjatuhkan pilihan memilih dia sebagai Presiden Indonesia yang ketujuh. Selamat Pak Jokowi, semoga Anda bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik. (Deva Hikmah – sisidunia.com)