Home » Travel & Kuliner » Liburan dan Relaksasi di Wisata Air Panas Padusan Pacet

Liburan dan Relaksasi di Wisata Air Panas Padusan Pacet



Mojokerto – Satu lagi Wisata Alam di kaki Gunung Welirang, yaitu Air Panas Padusan Pacet. Terletak di ketinggian 900 meter dari permukaan laut, 32km dari pusat Kota Mojokerto, Jawa Timur. Tidak terlalu lama untuk mencapai tempat ini, hanya sekitar 1,5-2 jam dari Kota Surabaya dengan memakai kendaraan pribadi. Tidak perlu takut tersasar karena petunjuk jalannya pun cukup jelas terpasang dari kota Mojokerto. Air Panas Padusan Pacet ini telah dikelola dengan profesional dengan dibangunnya 7 kolam pemandian, terdiri dari 2 kolam renang air dingin-1 kolam anak dan 1 kolam dewasa dan 5 kolam berendam Air Panas.

Air Panas Padusan Pacet

5 (lima) kolam Air Panas Padusan ini memiliki level suhu yang berbeda-beda. Mulai yang hangat – bersuhu kurang lebih 30 derajat celcius, hingga yang paling panas bersuhu lebih dari 45 derajat celsius. Air Panas Padusan memang tidak terlalu bening, tapi dapat dijamin semua kolam ini bersih karena dalam wawancara tim Sisidunia.com kepada Bapak Eko selaku penjaga (23/07/2014), seluruh kolam disini dikuras setiap hari Jumat. Kandungan belerang yang tinggi membuat Air Panas Padusan Pacet berkhasiat menyembuhkan gatal-gatal, penyakit kulit sampai dengan rematik dan asma.

Karena aksesnya yang mudah, Air Panas Padusan Pacet seringkali ramai dikunjungi, bahkan ketika di akhir pekan wisata ini buka 24 jam agar dapat dikunjungi jam berapa saja. Tiket masuknya pun tidak mahal, hanya Rp 15.000 per orang, tetapi anda memang harus menyediakan uang lebih untuk membayar tiket masuk kawasan dan parkir.

Berada di pinggir kawasan hutan pinus seluas 99,7 hektar, pengelola Air Panas Padusan Pacet memanfaatkannya untuk mengakomodasi banyak kegiatan outdoor. Bagi mereka yang ingin sedikit berolahraga sambil menikmati keindahan air terjun, dapat berjalan menuju  ke Air Terjun Grenjengan yang terketak kurang lebih 900 meter dari pintu masuk kawasan dengan elevasi dan jalan setapak yang lumayan menantang. Bagi pecinta tantangan dan permainan di tempat terbuka, sejak tahun 2011 telah dibuka TOS (Tigo Sulfata) yang menyediakan flying fox , high rope sesion , minicross anak , motocross , ATV , outbound , berkuda , rafting , arung jeram , dan water tubing.

Di sepanjang jalan dari lahan parkir menuju Kolam Padusan, pengunjung dapat menemui banyak penjual makanan, serta sayur segar. Berbagai jenis ubi dan ketela dijual baik mentah maupun matang, cocok untuk mengganjal perut setelah puas berendam. (Deni Suroyo – Sisidunia.com)