Home » News » Presiden Terpilih Tetap Akan Dikawal Oleh Rakyat

Presiden Terpilih Tetap Akan Dikawal Oleh Rakyat



Jakarta โ€“ Rencananya pada hari ini, Selasa (22/7), KPU RI akan memberikan pengumuman siapa yang nantinya akan menjadi pemenang atas Pilpres 2014 ini. Dalam hal ini memang rakyat Indonesia sudah memberikan hak pilihnya, kini tinggal menunggu pengawalan serta perwujudan komitmen dari Presiden yang terpilih.

Presiden Terpilih Tetap Akan Dikawal Oleh Rakyat

Dalam keterangan persnya, Selasa (22/7), Pengamat politik Universitas Gajah Mada (UGM) Ari Dwipayana mengungkapkan bahwa dengan adanya pemantauan dari masyarakat akan kinerja dari Presiden yang terpilih merupakan bukti atas esensi dari demokrasi.

Dengan adanya kritik kepada Presiden tentunya akan menjadi kontrol publik, terkait urusan publik sehingga dapat dinilai apakah seorang Presiden dapat bekerja dengan baik. Dalam Pilpres 2014 ini diungkapkan oleh Ari bahwa ini adalah sebuah kemenangan untuk rakyat.

Hal ini dikarenakan dengan adanya kampanye hitam dan juga politik uang ternyata tidak terpengaruh akan pilihan rakyat. Hal ini terbukti saat ini rakyat sudah dapat menggunakan akal sehatnya sehingga memiliki rasionalitas tersendiri.

Untuk Pilpres 2014, dari pengamatan Ari bahwa sebenarnya tidak selamanya politik itu disikapi dengan sikap apatis. Hal ini terbukti partisipasi masyarakat, di Pilpres 2014 ini menunjukkan pesta demokrasi. Karena tidak selalu politik dinodai dengan adanya apatisme. Terbukti di Pilpres 2014 ini keterlibatan rakyat dan juga partisipasinya menjadikan pesta demokrasi menjadi semakin bergelora. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)