Home » Travel & Kuliner » Paduan Wisata Kuliner dan Sejarah : Kedai Es Krim Zangrandi Surabaya

Paduan Wisata Kuliner dan Sejarah : Kedai Es Krim Zangrandi Surabaya



Surabaya – Erat kaitannya dengan bangunan bersejarah tempo dulu, Surabaya mempertahankan banyak gedung berarsitek kolonial. Salah satunya adalah yang dipakai oleh Es Krim Zangrandi Surabaya, Jawa Timur. Seperti cara pembuatan Es krimnya, arsitektur tempat ini pun juga dipertahankan persis sejak pertama berdiri, yaitu pada tahun 1930. Tak hanya Arsitekturnya, interior tempat ini pun ditata sedemikian rupa sehingga pengunjung serasa kembali ke tempo dulu dengan kursi-kursi rotan beraksen merah senada dengan mejanya.

Kedai Es Krim Zangrandi 1930

Bertempat di timur Gedung Balai Pemuda, diapit oleh Bank Mega dan Hotel Garden Palace, Kedai Es Krim Zangrandi dulunya didirikan oleh seorang berkebangsaan Italia bernama Renato Zangrandi. Yang menjadi menu andalan di jaman para meneer dan mevrouw Belanda adalah Tutti Frutti yaitu es krim berbentuk segitiga dengan rasa buah-buahan terutama alpukat dan chery dibalut dengan lebutnya es krim vanila. Lain halnya dengan para pecinta kuliner eskrim modern, sekarang ini Macedonia-es krim berbentuk bulat yang penyajiannya dibentuk seperti huruf V dan diisi rhum, menjadi menu favorit pengunjung.

Yang unik dari rasa Es Krim Zangrandi adalah teksturnya yang kasar dan mudah lumer di lidah. Hal ini dikarenakan Kedai Es Krim Zangrandi ini masih mempertahankan cara pembuatan tradisional, bahan serta resep asli jaman dahulu tanpa ditambahkann bahan kimia perasa maupun pengawet. Mempertahankan sejarahnya didirikan oleh orang Italia, di sini juga menyediakan menu Pizzeria. Dengan ukuran jumbo, toping keju bervariasi dan roti yang tipis khas ala Italia, Pizzaria dapat mengobati perut yang keroncongan. Bagi mereka yang tidak terlalu lapar, pengunjung juga bisa memesan makanan ringan mulai dari lumpia goreng, siomay, pastel tutup dan kentang goreng.

Harga es krim dan makanan di Jl. Yos Sudarso No. 15, Genteng, Surabaya ini memang cukup mahal, berkisar diantara Rp 20.000 – Rp 30.000. Tetapi pecinta kuliner dijamin tidak akan rugi karena menurut Regina (26), rasa dan suasananya dapat membangkitkan romantisme Surabaya tempo dulu (22/07/2014). Setiap harinya, kedai Es Krim Zangrandi ini dibuka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. (Deni Suroyo – Sisidunia.com)