Home » Travel & Kuliner » Menikmati Kuliner Khas Pegunungan Tape Ketan Hitam di Cangar

Menikmati Kuliner Khas Pegunungan Tape Ketan Hitam di Cangar



Batu – Jajanan Tape ketan Hitam memang tidak banyak bisa dijumpai di perkotaan. Kuliner spesial dengan banyak khasiat dan manfaatnya ini banyak dijajakan di daerah pegunungan. Salah satunya di daerah Pemandian Air Panas Cangar, Wisata Kota Batu, Jawa Timur. Disini, tape hitam merupakan jajanan favorit bagi para pengunjung. Anda dapat menikmati semangkuk ketan hitam yang disajikan khas ala daerah pegunungan, sembari menikmati udara yang segar dataran tinggi dan suasana yang asri.

Tape Ketan Hitam Kuliner Cangar

Tape ketan hitam disini disajikan dengan beberapa potongan sejenis cenil yang dibungkus seperti lontong. Selanjutnya jajanan ini disiram dengan tape ketam hitam beserta air ketan tersebut yang biasa disebut ‘badek’. Karena mempunyai kandungan zat besi dan anti oksidan yang tinggi, Jajanan berahan utama ketan ini mempunyai banyak sekali manfaat. Menurut Bapak Jak Is penjual Tape Ketam hitam yang berjualan mulai jam 09.00 sampai 15.00 WIB di wisata Air Panas Cangar ini Tape ketan hitam bisa membuat tubuh hangat di cuaca dingin pegunungan(22/07/2014).

Bagi yang kurang suka ketan hitam, badek bisa disajikan dengan es, tanpa mengurangi khasiat kuliner yang satu ini. Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati semangkok ketan hitam, sehabis berendam air panas di pemandian Cangar ataupun hanya sambil menikmati pemandangan Tahura, karena Ketan Hitam Pak Jak Is ini di dihargai hanya Rp 5000/mangkoknya. (Deni Suroyo – Sisidunia.com)