Home » Travel & Kuliner » Menghabiskan Liburan Keluarga di Wisata Pemandian Air Panas Cangar

Menghabiskan Liburan Keluarga di Wisata Pemandian Air Panas Cangar



Malang – Pemandian Air Panas Cangar  masih termasuk salah satu objek wisata di wilayah Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 18 km, dapat ditempuh 1-1,5 jam dari pusat kota Batu. Meski begitu, pemandangan alam yang indah dan menakjubkan di sepanjang jalan akan dapat rasa lelah selama di perjalanan. Hijaunya ladang dan hutan yang masih asri di kaki gunung Welirang akan memanjakan mata pengunjung lengkap dengan pemandangan puncak Welirang, deretan lembah serta jurang-jurangnya. Memasuki vegetasi khas hutan tropis kawasan Taman Hutan Rakyat (TAHURA) R. Soerjo, menandakan lokasi Pemandian air panas cangar ini sudah dekat.

Menghabiskan Liburan Keluarga di Wisata Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar

Kawasan yang terjaga keasriannya membuat area Wisata air panas Cangar memiliki banyak satwa monyet. Uniknya, kolam berendam di wisata pemandian air panas ini bukanlah kolam buatan, tetapi terbentuk alami. Terdapat 5 kolam di Pemandian Air Panas Cangar ini, tentunya dengan tingkatan suhu panas yang berbeda. 5 (lima) kolam tersebut terdiri dari 2 (dua) kolam renang dan 3 (tiga) kolam berendam, yang salah satunya dibatasi tembok dan dikhususkan untuk wanita. Untuk yang lebih menyukai privasi, terdapat pula kamar kamar sauna untuk satu orang, mengingat Pemandian ini memang cukup ramai terutama di hari libur. Pihak pengelola sudah menyiapkan kamar ganti lengkap dengan air hangat untuk membilas tubuh, yang jumlahnya cukup memadai sehingga pengunjung tidak perlu lama antre.

Fasilitas di area Pemandian Air Panas Cangar cukup lengkap, sehingga dapat memenuhi seluh aktifitas keluarga. Bagi mereka yang ingin berendam tetapi tidak membawa pakaian renang, terdapat toko atau persewaan pakaian renang. “iya mas, sebenarnya tadi tidak ada rencana untuk berendam. Tapi mumpung disini ya sekalian.” ujar Gandari (33) (22/07/2014) yang menyewa pakaian renang untuk anaknya. Untuk mereka yang membawa anak, terdapat Taman Bermain. Lelah beraktifitas, tempat ini juga lengkap dengan saung-saung untuk istirahat atau bersantai dan juga penginapan.

Bagi pecinta kuliner, di pemandian Air Panas Cangar ini terdapat banyak warung jajanan, dengan menu khas Tape Beras Ketan Hitam yang tidak boleh dilewatkan. Sedangkan bagi mereka yang menyukai kegiatan outdoor, terdapat camping ground serta flying fox. Goa jepang yang berjarak 600 meter dari pemandian juga layak dikunjungi bagi mereka yang tertarik dengan kegiatan alam maupun sejarah. Terdapat jalan setapak untuk menuju gua peninggalan zaman Jepang yang dibangun pada tahun 1942 – 1945 ini.

Pemandian Air panas Cangar ini buka setiap hari dengan tiket masuk yang cukup murah, yaitu Rp 10.000 per kepala. (Deni Suroyo – Sisidunia.com)