Home » News » KPU Tetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla Sebagai Pemenangnya Pilpres 2014

KPU Tetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla Sebagai Pemenangnya Pilpres 2014



Jakarta – Setelah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan pemilihan presiden dan wakil presiden 2014, Komisi Pemilihan Umum akhirnya menentapkan pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla sebagai pemenangnya. Hasil perhitungan sendiri telah dibacakan oleh ketua KPU Husni Kamil Malik di hadapan para anggota KPU, Badan Pengawas Pemilu, serta saksi dari pasangan nomor urut dua tersebut. Acara penetapan perhitungan itu sendiri dihadiri oleh pasangan nomor urut dua Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang datang menggunakan pakaian batik di gedung KPU di jalan Imam Bonjol no 29 Jakarta Pusat.

KPU Tetapkan Joko Widodo-Jusuf Kalla Sebagai Pemenangnya Pilpres 2014

Jokowi-Jk

Pembacaan penetapan dan perhitungan hasil dari rekapitulasi pada 33 Provinsi dan 100 pemilihan luar negeri ditetapkan pada 22-7-2014 pada pukul 21:00 wib yang dibacakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum, Husni Kamil Malik dihadapan para hadirin yang telah ada di gedung KPU. Proses ini sendiri sempat di skros selama lima menit, setalah itu di lanjutkan kembali Penetapan pemilihan presiden dan wakil presiden.

Para Undangan yang hadir diantara berasal dari jajaran Kementrian Dalam Negiri, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Polhukam, Perwakilan DKPP, Anggota Bawaslu, Anggota Komnas Ham serta para pemantau pemilu yang diwakili oleh beberapa LSM. Berdasarakan hasil rekapitulasi secara Nasional menempatakan pasangan nomor urut 1 memperoleh 62.576.444 (46,85 persen), sementara pasangan nomor urut 2 memperoleh 70.997.833 (53,15 persen). Sesuai dengan ketetapan yang telah disampaikan bahwa Pasangan Joko Widodo – Jusuf Kalla sebagai Pemenang Pemilihan Presiden 2014. Jokowi sendiri dikabarkan akan menyampaikan pidato politik setelah penetapan oleh Komisi Pemilihan Umum. (Fauji Nur – sisidunia.com)