Home » News » Hasil Real Count 30 Provinsi : Jokowi-JK Unggul Dengan 52,42 Persen

Hasil Real Count 30 Provinsi : Jokowi-JK Unggul Dengan 52,42 Persen



Jakarta – Komisi Pemilihan Umum melanjutkan hasil rekapitulasi perhitungan suara dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2014. Setelah menyelesaikan hitungan pada 28 provinsi yang di tetapkan pada dini hari tadi, akhirnya rekapitulasi di teruskan dengan membacakan hasil pemungutan suara dari lima provinsi yang tersisa diantaranya Maluku Utara, Papua, Sumatera Utara, Jawa Timur Dan DKI Jakarta.

Hasil Real Count 30 Provinsi : Jokowi-JK Unggul Dengan 52,42 Persen

Real Count

Perolehan sementara rekapitulasi pada 30 Provinsi masih menempatkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul terhadap pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Rapat pleno sendiri sejatinya dimulai pada pukul 10:00 wib (22-7-2014), sesuai dengan hasil keputusan bersama sebelum diskors pada dini hari. Keterlambatan sendiri karena adanya saksi dari salah satu pasangan calon yang belum datang sehingga molor 30 menit dari jadwal yang ditentukan. Maka pada pukul 11.00 wib, proses rekapitulasi di lanjutkan dengan dihadiri oleh semua pihak.

Proses penetapan sendiri di mulai dengan membahas hasil perhitungan pemilihan di provinsi Maluku Utara. Setalah melalui berbagai perdebatan yang terjadi antara kedua saksi pasangan, namun pada akhirnya Ketua Komisi Pemilihan Umum mensahkan hasi perhitungan suara di provinsi tersebut.

Proses Rekapitulasi berlanjut dengan Provinsi DKI Jakarta, saksi dari pasangan nomor 1 mengajukan keberatan yang menekankan kepada KPU provinsi, karena adanya rekomendasi dari Bawaslu tidak menjalankan semua proses tersebut. Dari hasil perhitungan yang disampaikan oleh KPU provinsi DKI Jakarta bahwa pasangan nomor urut 2 memperoleh 53,08 persen unggul dari pasangan nomor urut 1 menghasilkan 46,91 persen. (Fauji Nur Sisidunia.com)