Home » Sport » Carlos Dunga Gantikan Felipe Scolari Tangani Selecao

Carlos Dunga Gantikan Felipe Scolari Tangani Selecao



Brazilia – Federasi Sepak Bola Brazil (CBF) secara resmi (22-7-2014) menunjuk mantan pemain dan pelatih timnas yakni Carlos Dunga untuk menggantikan Luiz Felipe Scolari yang gagal membawa negaranya tampil sebagai juara piala dunia 2014 yang diadakan di negara dengan titel juara dunia terbanyak yaitu lima Kali juara dunia. Pemain yang peranah menjadi Kapten brazil dalam perhelatan piala dunia 1994 yang diadakan di benua Amirika.

Carlos Dunga Gantikan Felipe Scolari Tangani Selecao

Carlos Dunga

Carlos Dunga sejatinya bukan hal baru menjadi pelatih timnas Selecao tersebut dimana pada tahun 2006, sempat menangani timnas Brazil. Prestasi yang sempat ditorehkan oleh Carlos Dunga selama menjadi pelatih Brazil diantara menjadi Juara Copa Amerika 2007 serta meraih tropi Piala Konfederasi pada tahun 2009. Pada perhelatan piala dunia 2010 timnas Brazil sendiri di komando oleh Carlos Dunga, sayang pada pertandingan melawan Belanda kalah yang menyebabkan ia harus meletakkan jabatan sebagai pelatih Brazil.

Tantangan yang akan dihadapi oleh pelatih Neymar dan kawan-kawn ini pada even selanjutnya mampu menjadikan Brazil di segani lawann. Dunga dalam perhelatan piala dunia 2010 yang diselenggarakan pertama kali di benua Afrika banyak dikritik karana memainkan sepak bola pragmatis, jauh dari filosofi permainan jogoboneto yang sudah dikenal.

Pengalaman Dunga sebelumnya melatih klub internasional yang pada akhrinya mengundurkan diri setelah timnya mengalami kekalahan beruntun dalam kompetisi yang diikuti sebanyak 4 kali. Carlos Dunga diharapkan dapat memaksimalkan talenta negeri samba yang banyak bermain untuk klub-klub besar di daratan Eropa. (Fauji Nur – sisidunia.com)