Home » Travel & Kuliner » Kuliner dan Berwisata Malam di “POS KETAN LEGENDA 1967” Kota Batu

Kuliner dan Berwisata Malam di “POS KETAN LEGENDA 1967” Kota Batu



Batu – Berudara sejuk dan dingin, berwisata ke kota Batu, Jawa Tiur membuat perut cepat keroncongan. Buat wisatawan yang sedang berkunjung ke kota ini, ada sebuah warung kopi ketan legendaris yang telah menjadi icon makanan tradisional khas kota Batu. Warung Pos Ketan Legenda 1967 ini berada di barat alun-alun kota wisata Batu ini menyediakan aneka olahan ketan sebagai kudapan pembeli saat ngopi.

pos-ketan-legenda 1967 batu malang

gambar diambil dari batukota.worpress.com

Terkenal dengan sebutan “pos ketan legenda 1967” awal mulanya kuliner ini adalah sebuah warung pos kopi bernama POS KETAN yang dirintis oleh Siami. Dinamakan Pos Ketan Legenda 1967 dikarenakan penjualnya masih hidup sejak tahun antara 1967 sampai sekarang, meskipun yang meneruskan usaha ini adalah putra dan menantunya. Hampir setiap hari, kedai Pos Ketan Legenda 1967 yang tepatnya terletak di Jl. KH Agus Salim, Junrejo – Batu ini ramai pengunjung. Di warung Pos Ketan Legenda 1967 terdapat 12 gambar pilihan menu ketan menunggu untuk dipilih juga belasan menu minuman. Beberapa diantaranya adalah ketan kukus dengan variasi topping yang klasik, yaitu ketan kicir, ketan bubuk, ketan campur, maupun yang telah dipadukan dengan topping moder, yaitu ketan susu keju, ketan susu keju meises, ketan susu meises, ketan susu duren, ketan vla duren pisang, ketan vla duren, ketan black & white susu, ketan ayam pedas, dan ketan susu kacang.

Ketan putih biasanya dinikmati bersama taburan kelapa, begitu saja ataupun bersama sambal kacang yang pedas. Ketan Kicir adalah ketan kukus dengan topping taburan kelapa serut ditimpa sirup gula jawa. Ketan Bubuk, menggunakan topping bubuk kedelai. Sedangkan Ketan Campur adalah gabungan antara ketan kicir dan ketan bubuk. Sementara, ketan hitam selalu menjadi teman setia semangkuk bubur kacang hijau. Harganya mulai Rp3.000 hingga Rp10 ribu per porsi. Menu yang menjadi favorit pengunjung adalah ketan susu durian. Menurut gambaran Sujai (34) “Harumnya durian dipadukan dengan kelembutan ketan menyentuh lidah, ditambah siraman susu, vla durian, serta dagingnya yang lembut, rasanya sangat nikmat. Sayang porsinya kecil” (21/07/2014)

Selain aneka menu ketan, juga terdapat aneka minuman. Terdapat 40 macam minuman, seperti teh, kopi, jossua, sogem, jahe, STMJ Murni Segar, Susudingin juga panas, dalam bentuk racikan maupun saset, dari harga Rp2.500 hingga Rp15 ribu per porsi untuk STMJ rempah. Kopi rempah sendiri merupakan kopi hitam yang dimasak bersama air dan rempah-rempah, seperti kayu manis, jinten, dan kapulaga. Sensasi jamu begitu terasa khasiatnya untuk tubuh cocok untuk menahan hawa dingin Kota Batu kian terasa saat malam hari.

Selagi menunggu pesanan, pengunjung dihibur dengan atraksi dari cara pelayan membawakan pesanan pengunjung dengan aksi yang seahli pemain sirkus. Pos Ketan Legenda 1967 buka setiap hari mulai pukul 15.00–03.00 sedangkan lesehannya baru buka mulai pukul 22.00 WIB. (Deni Suroyo – Sisidunia.com)