Home » Travel & Kuliner » Kebun Bibit Wonorejo, Danau Taman Wisata Edukasi di Surabaya

Kebun Bibit Wonorejo, Danau Taman Wisata Edukasi di Surabaya



Surabaya – Sebagai ibukota provinsi Jawa Timur, Surabaya adalah kota metropolis ke-2 di Indonesia, macet, panas, dan berjubel bangunan mal dan gedung tinggi. Tetapi di bawah pimpinan Ibu Risma, Surabaya dikenal dengan taman-taman nan hijau tertata rapi. Salah satunya adalah taman wisata Kebun Bibit Wonorejo. Kawasan perkebunan ini yang sangat rindang dan sejuk terletak di Jalan Kendalsari Wonorejo, Rungkut, Timur Selatan Surabaya setelah kampus STIKOM.

Kebun Bibit Wonorejo Surabaya

foto oleh Detta Priyandika

Taman rekreasi ini sudah ada sejak tahun 2011. Sebelumnya, area ini hanya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah, lalu dikembangkan sebagai tempat pembibitan berbagai tanaman sekaligus sebagai paru-paru kota. Kawasan taman yang dihiasi telaga ini kemudian direvitalisasi dan dimaksimalkan fungsinya sebagai tempat wisata edukatif yang bisa dinikmati warga kota.

Sebagai tempat pembibitan tanaman, kebun ini dimanfaatkan anak-anak sekolah untuk mengenal nama dan bentuk tanaman serta cara merawat dan mengembangbiakkannya. Hal ini bisa mendukung kesadaran anak-anak agar peduli dan cinta terhadap lingkungan. Pengunjung yang ingin belajar tentang tanaman pun akan didampingi oleh petugas khusus yang siap mengajarkan cara pembiakan tanaman.

Area dengan luas 5.9 hektar ini dilengkapi dengan sarana jogging track berbukit yang mengelilingi danau, arena bermain anak, toilet, dan food terrace. Selain itu, terdapat area pembibitan tanaman yang tetap dipertahankan sebagai aset kebun. Di sisi barat Kebun Bibit Wonorejo ini terdapat area yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolahraga, misalnya sepatu roda dan lain-lain.

Daya tarik taman ini terutama terletak pada danau yang ada di tengah-tengah taman. Meskipun danau ini cuma buatan tapi danau ini penuh dengan ikan dan juga dilengkapi semacam dermaga yang bisa digunakan untuk memancing, sekedar duduk-duduk, bahkan berfoto ria. Pinggiran danau ini dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang rindang. Menurut Maya (25) (20/07/2014), yang sering ke tempat ini bersama suami, “Duduk santai di bawah rindangnya pohon tersebut terasa sangat mengasyikkan dan romantis”. Hembusan angin segar menambah betah pengunjung untuk berlama-lama di tempat ini. (Deni Suroyo – Sisidunia.com)