Home » News » Universitas Muhammadiyah Malang Menerbitkan Website data-pilpres.umm.ac.id

Universitas Muhammadiyah Malang Menerbitkan Website data-pilpres.umm.ac.id



Jakarta – Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilpres 2014 memang sangat tinggi. Hal tersebut diwujudkan dengan dibuatnya beberapa website independen yang bisa membantu masyarakat untuk melihat pergerakan perolehan suara tiap pasangan Capres hasil rekapitulasi suara resmi dari KPU.

Universitas Muhammadiyah Malang Menerbitkan Website data-pilpres.umm.ac.id

Website Real Count UMM

Salah satu wbsite yang kini mulai banyak menjadi rujukan masyarakat adalah data-pilpres.umm.ac.id yang dikembangkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang lewat Lembaga Informasi dan Komunikasi (Infokom) miliknya.

Dari pantauan sisidunia.com pada website tersebut, situs ini sangat ringan dan sederhana, karena hanya menampilkan total real count sementara yang didapatkan baik oleh pasangan Prabowo Hatta maupun pasangan Jokowi JK.

Data yang didapat oleh data-pilpres.umm.ac.id berdasarkan hasil DB1 pada tingkat Kabupaten/Kota yang telah diplenokan dan di-upload di website KPU. Dengan informasi ini, masyarakat bisa memiliki gambaran perolehan suara dari waktu ke waktu, karena setiap 1 menit sekali, data-pilpres.umm.ac.id akan otomatis refresh untuk memperbarui data yang ada.

Berdasarkan apa yang terlihat di data-pilpres.umm.ac.id pada pukul 10.00 WIB (19/07/2014), pasangan Prabowo Hatta telah mengumpulkan 54.621.502 suara atau sebanyak 48,00 %, sedangkan Jokowi JK unggul dengan 59.183.489 suara atau 52,00 %. Jadi saat ini ada selisih 4 persen dari kedua pasangan Capres dan Cawapres.

Data yang masuk sudah mencapai 84,71%. Data ini didapat dari 421 Kabupaten/kota dari total 497 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. (Maria Ulfa – sisidunia.com)