Home » Travel & Kuliner » Rumah Batik Surabaya, Koleksi Batik Tulis Seluruh Indonesia

Rumah Batik Surabaya, Koleksi Batik Tulis Seluruh Indonesia



Surabaya – Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang telah terkenal di dunia. Meski begitu, di Indonesia sendiri terdapat beragam corak yang menggambarkan keberagaman dan kekayaan lokal. Rumah Batik Surabaya yang terletak di jalan Tambak Dukuh I No. 4 Surabaya ini memiliki koleksi corak batik yang cukup lengkap, terutama koleksi corak batik daerah Jawa Timur.

Rumah-Batik Surabaya
Corak batik khas jawa timur yang memiliki warna wana cerah dan berani menghiasi dinding dan interior dari rumah batik ini. Selain itu, sejarah Jawa timur sebagai salah satu jalur sutra, menambah kekayaan corak dan warna budaya dari Cina yang berasimilasi dengan budaya lokal turut pula di displaykan disitu. Rumah Batik Surabaya ini cocok dikunjungi untuk belanja ataupun sebagai media pembelajaran terhadap kekayaan batik Indonesia khususnya Jawa Timur sebagai suatu bentuk karya seni yang bernilai estetika tinggi.

Rumah Batik Surabaya memiliki lebih dari 2000 koleksi batik, yang didominasi oleh Batik Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Malang, Batu, Jombang, Kediri, Pacitan, Banyuwangi, Jember, Tulungagung. Dari informasi yang dikumpulkan oleh Tim Sisidunia.com (19/07/2014), Rumah Batik ini pernah mendapatkan penghargaan rekor dari MURI untuk pembuatan batik tulis dengan logo Surabaya Terbesar.

Rumah Batik Surabaya ini buka pada hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 -20.00 WIB. Sedangkan hari Sabtu – Minggu buka mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB