Home » Travel & Kuliner » Kopitiam Oey, Icon Kedai Kopi Peranakan Di Surabaya

Kopitiam Oey, Icon Kedai Kopi Peranakan Di Surabaya



Surabaya – Warga surabaya memang sangat identik dengan kebiasaanya nongkrong di warung kopi. Di kalangan kawula mudanya warung kopi telah bergeser ke kafe-kafe yang menjual kopi modern ala Amerika, dengan harga fantastis. Tetapi Kopitiam Oey bukan salah satu diantaranya. Meski desain interior yang hangat dan kenyamanan ala Cafe, Kopitiam Oey ini menyuguhkan menunya dengan harga yang masuk akal, mengingat Indonesia sebagai produsen kopi nomor 3 di dunia.

kopitiam Oey

Arti dari Kopitiam adalah Kedai Kopi, diadaptasi dari dialek cina Hokkian yang biasa menyebut kedai kopi dengan Fe Tien. Kopitiam Oey yang bertempat di jalan Embong Malang 78K Surabaya ini dimiliki oleh Bapak Bondan Winarno. Cukup mudah menemukan tempat ini karena bentuk eksteriornya yang unik khas Cina peranakan lengkap dengan papan nama kayu dan lampion merah. Suasana interior juga tak kalah menarik. Membawa ke suasana kembali ke jaman perjuangan bambu runcing di Surabaya tempo dulu, lengkap dengan poster poster iklan jaman dahulu (jadul) yang menghiasi dindingnya.

Dari penilaian salah satu pengunjung Kopitiam Oey, Sanusi (37)(19/07/2014), menu yang menjadi andalan di sini – selayaknya Kopitiam- adalah Kopi Soesoe Indotjina yang menggugah selera yaitu paduan kopi hitam yang harum dan susu murni yang kental, dan Roti Kaya Saja yaitu roti panggang krispy dengan selai srikaya yang lembut. Tak perlu merogoh kocek dalam dalam untuk menikmati semuanya, karena Kopi Soesoe Indotjina hanya dibandrol dengan harga IDR 6,444 dan Roti Kaya Saja – IDR 14,888. Jam Operasioalnya pun dari jam 08.00-24.00 sehingga cocok untuk tempat nongkrong yang nyaman di malam hari tanpa takutterusir. (Deni Suroyo – Sisi Dunia.com)