Home » Otomotif » Terungkapnya Rahasia BMW Indonesia M3 dan M4 Coupe

Terungkapnya Rahasia BMW Indonesia M3 dan M4 Coupe



Jakarta – BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan produk terbarunya di Indonesia dengan kelebihan M3 dan M4 Coupe dan berat mobil lebih ringan. Kedua handalan baru raksasa otomatif asal Jerman ini telah mewarisi gen mobil sport yang telah teruji dalam kalangan balap.

BMW Indonesia M3 dan M4 Coupe

Pihak BMW Group Indonesia menjelaskan bahwa efisiensi berat mobil sekitar 80 kg lebih berat dibandingkan dengan keluaran BMW sebelumnya. Dengan menggunakan mesin turbocharged dengan enam silinder yang menggabungkan teknologi turbo dengan putaran mesin tinggi. Dua varian BMW ini juga menerapkan teknologi kendaraan sport dari area balap ke jalan raya dan sudah diuji di arena balap Nordschleife, Jerman.

Sebenarnya ada rahasia dari efisiensi berat mobile ini yang menyebabkan bobot mobil lebih ringan, Dua diantaranya disebabkan oleh penggunaan bahan carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dan aluminium yang sangat ringan.

Dua model terbaru ini hadir dengan atap berbahan CFRP. Dahulu, penggunaan atap dengan CFRP ini terbatas pada BMW M versi Coupe. Tapi sekarang BMW mengadopsikannya pada M3 empat pintu.

Penggunaan atap CFRP ini menghasilkan penghematan yang cukup baik. Keuntungan lain dari pengurangan bobot ini adalah pusat grafitasi dari mobil BMW diturunkan sehingga mobil menjadi lebih dinamis. Disamping itu, pada kap mesin dan dinding sisi depannya menggunakan bahan aluminium untuk menggantikan baja konvensional.

BMW M3 sudah menjadi generasi kelima di Indonesia dan dilepas dengan harga Rp 1.699.000.000 (off-the road) dan sudah lebih dari 40rb unit di dunia. Sementara BMW M4 Coupe tersedia dalamvarian empat pintu menjadi yang pertama di kelasnya. Dan dilepas dengan harga Rp 1.799.000.000 (off-the road). (Flyy Prasetya – sisidunia.com)