Home » News » Polri Siap Amankan Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pilpres 2014

Polri Siap Amankan Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pilpres 2014



Jakarta – Menjelang berakhirnya perhitungan suara Pilpres 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum tepat pada 22 Juli 2014, pihak Polri menyiapkan langkah preventif apabila nantinya terjadi hal yang tak diinginkan ketika pengumuman hasil rekapitulasi dilakukan dengan pusat penjagaan diterapkan diarea sekitar KPU.
Polri Siap Amankan Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pilpres 2014
Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Sutarman, Mabes Polri, Jakarta, Jum’at (18/07/2014), dengan mengatakan dirinya akan menerapkan pola penjagaan berlapis, “Mulai dari Ring I didalam gedung (KPU), Ring II, III, hingga Ring IV,” ujarnya seraya menyatakan harapannya agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya.

Disampaikan pula pihaknya telah siap menurunkan kurang lebih 254.088 personelnya untuk melakukan pengamanan pengumuman Komisi Pemilihan Umum terkait hasil rekapitulasi Pemilihan Presiden 2014. Kapolri Jenderal Polisi Sutarman pun menambahkan untuk penjagaan kali ini pihak kepolisian lebih terfokus di Jakarta.

Wilayah Ibukota itu lebih diprioritaskan dengan alasan karena pengumuman hasil rekapitulasi suara nantinya disampaikan di Jakarta oleh KPU. “Kita saksikan bersama kedua belah pihak saling mengklaim kemenangan. Tapi kita harus percaya kepada KPU bahwa penghitungan terakhir nanti di KPU,” imbuh mantan Kabareskrim tersebut.

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman juga berharap jika nantinya terdapat sengketa hasil Pilpres 2014 agar ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku, bukan melalui jalur aksi huru hara. Akan tetapi dirinya berharap persengketaan tidak terjadi terlebih karena seluruh lapisan kini bisa mengawasi hasil perhitungan secara bersama-sama. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)