Home » News » Apa Penyebab Pesawat Malaysia Airlines MH17 Ditembak Jatuh ?

Apa Penyebab Pesawat Malaysia Airlines MH17 Ditembak Jatuh ?



Jakarta – Misteri mengenai penyebab pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh diudara Ukraina hingga kini menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat. Kotak hitam pesawat yang menjadi kunci atas jawaban pertanyaan tersebut hingga kini belum diketemukan.

Apa Penyebab Pesawat Malaysia Airlines MH17 Ditembak Jatuh ?

Pesawat Malaysia Airlines MH17

Pengamat Kesehatan Penerbangan, Wawan Mulyawan saat ditemui oleh wartawan sisidunia.com (18/07/2014) mencoba untuk memberikan prediksinya kenapa musibah yang merenggut nyawa 280 orang tersebut bisa terjadi.

Pertama, Wawan menjelaskan bahwa Eurocontrol, otoritas pengatur penerbangan di seantero Eropa telah membuat NOTAM (Notice to Airman) telah menetapkan bahwa zona terbang harus diatas 32.000 kaki jika akan melewati area konflik di perbatasan Ukraina.

Ini berarti setiap pesawat harus berada diketinggian 11 kilometer diatas permukaan laut. MH17 yang merupakan pesawat Boeing 777 yang memiliki ukuran yang besar, seharusnya bisa mengikuti aturan tersebut.

Jika itu dilakukan, maka sebenarnya tidak ada senjata secanggih apapun yang bisa menembak diketinggian tersebut. Dan adanya saksi mata yang bisa melihat ada pesawat yang jatuh tertembak dengan mata telanjang seperti menguatkan bukti bahwa MH17 terbang lebih rendah dari peraturan yang sudah ditetapkan. Karena seperti kita ketahui, mata telanjang tidak bisa melihat diketinggian hingga 11 km diatas permukaan laut.

Dan jika memang itu terjadi, kenapa pilot MH17 terbang dibawah ketentuan tersebut ? Kita memang masih harus menunggu informasi resmi dari pihak yang terkait. (Samsul Arifin – sisidunia.com)