Home » News » Ada 8 Pemda di Sulut dan 4 Pemda Gorontalo Tidak Mendapatkan Jatah Formasi CPNS

Ada 8 Pemda di Sulut dan 4 Pemda Gorontalo Tidak Mendapatkan Jatah Formasi CPNS



Jakarta โ€“ Dengan diberikannya tambahan formasi di daerah membuat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) harus memperketat proses tahapannya. Dimana kebijakan tersebut tidak hanya diberlakukan untuk Pulau Jawa saja, karena di proponsi lain seperti Sulawesi juga diberlakukan kebijakan itu.

Ada 8 Pemda di Sulut dan 4 Pemda Gorontalo Tidak Mendapatkan Jatah Formasi CPNS

Dalam keterangan persnya bertempat di Jakarta, Jumat (18/7), Karo Hukum, Komunikasi, Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman membenarkan bahwa pada tahun ini dengan adanya tambahan formasi peraturannya pun juga ikut diperketat.

Terlebih lagi dengan formasi keseluruhan sekitar 100 ribu, tentunya tidak semua daerah disetujui adanya penambahan formasi. Sebagai contoh untuk wilayah Sulawesi Utara (Sulut) yang mempunyai 16 Pemda, setidaknya ada lima yang tidak mendapat jatah alokasi formasi. Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Manado, Kota Bitung, dan Kota Kotamobagu.

Demikian halnya dengan Gorontalo, yang menjadi sebuah proinsi ata pemekaran dari Sulut, dengan memiliki tujuh pemda yang disetujui alokasi formasi hanya empat pemda. Herman menuturkan bahwa memang semua daerah mengusulkan, namun yang diterima hanya sedikit.

Hal ini tidak lain bertujuan untuk mengurangi belanja pegawai. Untuk 10 pemda di SUlut yang memiliki jatah formasi diantaranya adalah Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kota Tomohon.

Untuk empat Pemda di Provinsi Gorontalo yang mempunyai jatah alokasi formasi PNS antara lain adalah Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo Utara, dan Kota Gorontalo. (Samsul Arifin – sisidunia.com)