Home » News » SBY Sebut Ada 4 Hal yang Bisa Ciptakan Perdamaian di Palestina

SBY Sebut Ada 4 Hal yang Bisa Ciptakan Perdamaian di Palestina



Jakarta – Suasana di Jalur Gaza yang kini kian memanas terus mendapatkan perhatian dari seluruh dunia tanpa terkecuali Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan, belum lama ini tepat pada Rapat Kabinet Paripurna, Kamis (17/07/2014), SBY membahas tentang sikapnya terhadap situasi itu.
SBY Sebut Ada 4 Hal yang Bisa Ciptakan Perdamaian di Palestina
Pada keterangan resminya, Presiden SBY menegaskan dirinya bersama para menteri maupun diplomat terkait akan terus berupaya secara aktif didalam menciptakan suasana kondusif di Palestina. Dan orang nomor 1 di Indonesia itupun menyatakan apa yang dibicarakannya bukan hanya omong kosong belaka.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan pihaknya telah secara aktif memberikan bantuan kepada warga Palestina melalui GNB serta pemerintah Kuwait. “Indonesia memberi contoh. Dan contoh bantuan Indonesia ada diteruskan kepada negara-negara lain, oleh pimpinan Kuwait dan GNB, bukan hanya retorik,” ujarnya.

Ditambahkan pula apa yang disampaikannya ini bukan hanya sebuah retorika belaka, namun aksi nyata didalam memberi bantuan kemanusiaan. Menurutnya terdapat empat sasaran yang harus dilakukan agar perdamaian bisa tercipta dan menjadikan Palestina negara berdaulat serta merdeka dimana prosesnya dilakukan secara bertahap.

Hal pertama menurutnya adalah dengan meminta militer pemerintah Israel menghentikan aksi serangan yang dilakukannya. Kemudian berikutnya melalui diplomasi gencatan senjata dengan diiringi adanya pengawasan ketat dari PBB. Ketiga tercegahnya tindakan saling membalas oleh Israel-Hamas, serta terakhir segera menyalurkan bantuan kemanusiaan. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)