Home » News » Israel dan Hamas Setuju Gencatan Senjata Yang Dilakukan Hanya 5 Jam

Israel dan Hamas Setuju Gencatan Senjata Yang Dilakukan Hanya 5 Jam



Gaza City – Israel dan Hamas akhirnya menyetujui adanya genjatan senjata, yang akan dilakukan selama 5 jam. Genjatan senjata ini dilakukan atas permintaan dari PBB, untuk sementara waktu menghentikan dahulu peperangan supaya bantuan bisa masuk ke jalur Gaza.

Israel dan Hamas Setuju Gencatan Senjata Yang Dilakukan Hanya 5 Jam

Namun rencana untuk melakukan genjatan senjata dalam waktu lama, masih akan diperbicangkan lagi. Bukan hanya PBB yang akan mengusahakan hal itu, tapi juga dari negara-negara lain seperti Mesir, dan juga Amerika Serikat.

Seperti halnya yang dikutip dari AFP, Kamis (17/7/2014), pihak militer sudah memberikan pengumuman, untuk sementara waktu akan menghentikan serangan di Gaza, yang akan dimulai pukul 10.00 waktu setempat hingga pukul 15.00 waktu setempat.

Dengan pengumuman resmi dari pihak militer Israel ini, maka Hamas pun mau menyetujui untuk melakukan penghentian untuk sementara waktu.

“Kelompok Palestina memang sudah menyetujui apa yang diinginkan oleh PBB, untuk mengehntikan serangan sementara,” kata juru bicara Hamas, Sami Abu Zukhri pada AFP.

Di negara-negara lain seperti Kairo dan Mesir, yang sudah menerima proposal dari Mesir soal henjatan senjata ini, ditanggapi dengan cukup baik. Menurut rencana, hari ini perwakilan dari pejabat Hamas akan bertemu dengan pemimpin dari Mesir dan juga pemimpin dari Palestina, untuk membicarakan tentang kelanjutan diplomatik.

Genjatan senjata ini mau disetujui kedua belah pihak, setelah seranga udara yang dilakukan oleh Israel, menyebabkan seorang pemuda Palestina tewas. Para pemuda itu sedang asyik bermain sepak bola di Pantai Gaza, yang kemudian tiba-tiba ada serangan udara oleh Israel.

Mereka sudah sempat melarikan diri sambil berteriak ketakutan, namun ada anak-anak yang tertinggal dan akhirnya 4 bocah-bocah itupun tewas. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)