Home » Otomotif » IRC dan FDR Baru-baru ini Melirik Ban Ramah Lingkungan

IRC dan FDR Baru-baru ini Melirik Ban Ramah Lingkungan



Jakarta – Produsen ban motor lokal baru-baru ini melirik ban ramah lingkungan. Sampai saat ini sudah dua pabrik ban terkemuka yaitu yakni IRC dan FDR.

Arijanto PT Gajah Tunggal Tbk produsen ban IRC menuturkan “Kami meluncurkan produk ramah lingkungan yang bukan hanya mencari keuntungan, namun juga turut membantu dalam menjaga lingkungan,”

Ban Ramah Lingkungan IRC dan FDR

Pihak IRC siap meluncurkan produk bernama IRC Enviro pada akhir tahun yang akan datang. Segmen yang digarap adalah pengguna bebek dan skutik. Sementara FDR akan hadir lebih awal yaitu di bulan September melalui produk Facio khusus skutik. Jimmy Handoyo -Technical Service and Development FDR menjelaskan “Kami akan menghadirkan teknologi telapak ban terbaru Eco Smart System. Untuk tahapan awal, baru menyediakan bagi tipe skutik, tapi tidak menutup kemungkinan akan dipasarkan juga dalam varian lain,”.

Yang dimaksut ban ramah lingkungan pada motor sendiri sebenarnya hampir mernyerupai dengan produk sejenis yang telah hadir lebih dulu untuk mobil, yaitu ban berkompon low rolling resistance.
Ban ini membuat daya gulir semakin tinggi dan gaya gesekan aspal yang rendah (low rolling resistance). Sehingga kendaraan lebih terasa ringan saat dikendarai, mengakibatkan pemakaian bensin lebih irit.
“Hasil pengujian tim Sadewa Oto (Universitas Indonesia) ban ini mampu mereduksi penggunaan bensin sampai 7,1 persen,” tutur Jimmy. (Flyy Prasetya – sisidunia.com)