Home » News » Sambut Lebaran, Lokomotif KA Jalani Perbaikan dan “General Check Up”

Sambut Lebaran, Lokomotif KA Jalani Perbaikan dan “General Check Up”



Yogyakarta – Sambut lebaran, kereta api Balai Yasa PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta disibukkan dengan perbaikan beberapa kereta apinya. Perbaikan lokomotif ini ditargetkan sudah selesai pada tanggal 18 Juli 2014 dan harus siap digunakan untuk angkutan saat lebaran.

Lokomotif KA

Executive Vice President Balai Yasa PT KAI Daop VI, Muh Syaiful Alam menuturkan, perbaikan lokomotif akan menyangkut semua komponen. Terutama komponen keselamatan seperti roda, bantalan, alat pengereman, dan semua komponen yang menyangkut kehandalan iperasional mekanik maupun elektrik.

“Perbaikan meliputi semuanya, kita tidak berani hanya fokus pada salah satu komponen saja. Karena dampak gangguan itu kalau di tengah jalan, penumpang yang jumlahnya 600-an itu bisa berteriak, karena lokomotif berhenti,” kata Muh Syaiful Alam di Bali Yasa Yogyakarta Selasa (15/7/2014).

Di Balai Yasa Yogyakarta diperbaiki 8 lokomotif untuk operasional. Saat ini masih 3 Lokomotif yang dalam sedang proses perbaikan, perbaikan akan selesai diperikiraka tanggal 18 Juli 2014.

“Di Jawa ada 236 lokomotif, yang 100 lokomotif baru sedangkan yang 136 lokomotif lama type 80-an dan 90an. Yang sudah berusia 30-an tahun diperkirakan ada sekitar 30 persenan,”ujarnya.

Beliau menambahkan, supaya kondisi lokomotif benar-benar meyakinkan, maka perlu dilakukan general check up,agar lebaran nanti tidak ada gangguan. Hingga sekarang, sudah ada 20 sampai 30-an lokomotif yang sudah melakukan general check up. (Flyy Prasetya – sisidunia.com)