Home » News » Gugatan Pilpres 2014 Dapat Diajukan Setelah KPU Mengumumkan Perolehan Suara

Gugatan Pilpres 2014 Dapat Diajukan Setelah KPU Mengumumkan Perolehan Suara



Jakarta โ€“ Pihak Mahkamah Konstitusi (MK) sudah bersiap jika nantinya ada gugatan atas sengketa Pilpres 2014 ini. Dimana nantinya gugatan ini dapat segera diusulkan ke MK setelah pihak KPU mengumumkan perolehan suara yang rencananya akan diumumkan pada 22 Juli dan paling lambat pada tanggal 25 Juli nanti.

Gugatan Pilpres 2014 Dapat Diajukan Setelah KPU Mengumumkan Perolehan Suara

Dalam keterangan persnya, bertempat di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (16/7/2014), Sekjen MK Janedri membenarkan bahwa jika ada gugatan sengketa Pilpres dapat didaftarkan mulai tanggal 22 Juli dan maksimal 25 Juli 2014.

Hal ini didasarkan dari Peraturan MK terbaru, dimana pengajuan atas permohonan pemohon yang diatur dalam PHPU Pilpres adalah paling lambat 3 x 24 jam untuk diajukan ke pihak MK, sejak penetapan perolehan suara oleh KPU secara nasional.

Selain itu pihak MK juga memberikan kelonggaran waktu 1 x 24 jam kepada para penggugat agar dapat memperbaiki pendaftaran gugatan jika berkasnya tidak lengkap. Atira ini cukup berbeda dengan gugatan pileg yang haya diberi waktu sekitar 3 x 24 jam.

Jika berkasnya sudah lengkap maka pihak majelis dapat segera menggelar siding perdana. Dengan catatan bahwa siding tersebut dapat secepat mungkin dilaksanakan jika berkas gugatan sudah lengkap. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)