Home » Techno » Media Pemerintah China Sebut iPhone Berpotensi Membahayakan

Media Pemerintah China Sebut iPhone Berpotensi Membahayakan



Beijing – Ternyata kehadiran perangkat keras canggih Apple iPhone tidak diterima oleh semua pihak, dimana berdasarkan lansiran Reuters, Senin (14/07/2014), media milik pemerintahan China menganggap smartphone terkait berpotensi menjadi ancaman keamanan negara terkait menilik pada kemampuannya melacak lokasi.
Media Pemerintah China Sebut iPhone Berpotensi Membahayakan
Adapun kemampuan yang dimaksud tertuju pada fitur ‘Frequent Locations’ yang mampu mengumpulkan data informasi kemana para penggunanya pergi serta menampilkan waktu lama pengguna berada ditempat itu. “Data tersebut sangat sensitif. Jika data semacam itu diakses, bisa saja mengungkap situasi ekonomi seluruh negara,” ujar CCTV, media pemerintah China.

Media milik pemerintah China itu juga mengatakan rahasia negara juga dinyatakan memiliki potensi terakses. Terkait keterangan informasi tersebut, pihak Apple menanggapinya dengan berujar, “Kami mengapresiasi upaya CCTV mengedukasi konsumen dalam topik yang kami pikir amat sangat penting.”
“Kami ingin memastikan semua konsumen kami di China menjadi jelas tentang apa yang kami lakukan dan apa yang tidak kami lakukan dalam soal data personal dan pribadi. Apple tidak melacak lokasi user, Apple tidak pernah melakukan hal itu dan tidak pernah punya rencana melakukannya,” tandas pihak Apple.

Pihak terkait pun menjelaskan fitur ‘Frequent Locations’ hanya menyimpan berbagai data terkait pada perangkat iOS, tidak ada back up sehingga Apple tak mengetaui isi kandungan didalam perangkat keras milik para penggunanya terlebih karena fitur aplikasi canggih tersebut dapat dimatikan pada setting privasi. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)