Home » News » Topan Mengakibatkan Hujan Deras di Jepang

Topan Mengakibatkan Hujan Deras di Jepang



Tokyo โ€“ Hujan dengan intensitas cukup lebat mengguyur wilayah Jepang, ditambah lagi topan Neoguri menghampiri Negara ini. Dengan adanya topan ini membuat sungai meluap sehingga menyebabkan tanah longsor.

Topan Mengakibatkan Hujan Deras di Jepang

Sampai saat ini dikabarkan 3 orang meninggal dunia akibat peristiwa ini. Seperti yang dikutip dari Reuters, Kamis (10/7/2014), walaupun saat ini statusnya sudah diturunkan dari topan super menjadi topan tropis, namun topan Neoguri masih mengancam.

Karena hampir sebagian besar dari wilayah pantai barat Pulau Kyushu, yang ada di paling selatan, telah merasakan hebat akan terjangan topan ini. Berdasarkan laporan disebutkan bahwa topan ini memiliki kecepatan hingga 126 kilometer per jam diiringi dengan hujan deras dan angin kencang.

Bahkan ratusan penerbangan terpaksa dibatalkan akibat topan Neoguri. Selain itu operasional kereta api juga terganggu serta memaksa banyak sekolah ditutup akibat bencana ini. Terpantau pada Rabu (9/7) malam, di wilayah pegunungan Nagiso, Jepang tanah longsor dan memakan korban jiwa seorang bocah laki-laki yang berusia 12 tahun.

Selain itu topan Neoguri juga mengakibatkan 50 orang mengalami luka-luka dengan dua korban tewas yaitu pria yang berusia 62 tahun tewas arena jatuh dari perahu karena gelombang besar yang ada di Prefektur Kochi, Shikoku. Selain itu ada juga nelayan berusia 81 tahun di Prefektur Kumamoto, Pulau Kyushu tewas.

Berdasarkan laporan dari badan prakiraan cuaca setempat mengungkapkan bahwa pada pagi ini topan Neoguri ada di 70 kilometer timur laut kota Miyazaki, Kyushu. Saat ini topan sedang bergerak ke arah timur dengan kecepatan 30 kilometer per jam dan memiliki kecepatan angin hingga 90 kilometer per jam.(Maria Ulfa – sisidunia.com)