Home » News » Prediksi Pilpres 2014 Jokowi JK vs Prabowo Hatta Versi Quick Count Charta Politika Indonesia

Prediksi Pilpres 2014 Jokowi JK vs Prabowo Hatta Versi Quick Count Charta Politika Indonesia



Jakarta – Hasil quick count dan exit poll dari beberapa lembaga survey telah dikemukakan. Hal tersebut berkaitan dengan Pilpres 2014 yang akan digelar serentak diseluruh wilayah Indonesia. Tak terkecuali dengan Charta Politika Indonesia yang telah melakukan survey politik pada tanggal 3-6 Juli mengenai pandangan masyarakat terhadap Jokowi JK dan Prabowo Hataa.

Prediksi Pilpres 2014 Jokowi JK vs Prabowo Hatta Versi Quick Count Charta Politika Indonesia

Hasil Survey Charta Politika Indonesia

Ada beberapa pertanyaan yang disampaikan lembaga survey tersebut kepada masyarakat. Pertanyaan pertama adalah persepsi masyarakat mengenai sosok Prabowo Subianto dan Jokowi. Hasilnya adalah sebanyak 33,6% masyarakat menilai Prabowo sebagai sosok yang tegas dan berwibawa, sementara 24,8% lainnya yang menjawab Prabowo sebagai tentara. Sedangkan mengenai sosok Jokowi, 26,2% masyarakat melihat Jokowi adalah sosok yang sederhana, dan yang lain menjawab blusukan 22,5%.

Pertanyaan yang lain mengenai Cawapres kedua pasangan, baik Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla. Sebanyak 29,9% masyarakat mengingat Hatta sebagai menteri dan 18,5% lainnya mengingat Hatta berambut putih. Sedangkan untuk Jusuf Kala, 47,2% responden melihat sebagai sosok mantan Wapres, dan kader Golkar 12,9%.

Mengenai pilihan, sebanyak 43,5% responden memilih calon yang mereka anggap bisa menyelesaikan masalah, sedangkan 35,8% lebih mementingkan karakter dan kepribadian calon pemimpin. Dan akhirnya sebanyak 38,9% masyarakat memilih untuk melihat rekam jejak seorang pemimpin, dan 53,5% memilih unuk lebih melihat visi misi.

Survey ini dilakukan dengan sistem tatap muka dengan responden yang sudah berusia 17 tahun keatas dan layak untuk datang ke TPS besok. Jumlah responden yang disurvey sebanyak 1200 orang dengan margin error (MoE) sebesar +/- 2.83% pada tingkat kepercayaan 95%. (Maria Ulfa – sisidunia.com)