Home » News » KPU Upload Form C1 Tiap TPS

KPU Upload Form C1 Tiap TPS



Jakarta โ€“ Pihak instruksi KPU telah mengupload sebuah form scan C1 yang isinya data perolehan suara yang ada di masing-masing TPS yang nantinya terpampang dalam website KPU RI untuk Pemilu Legislatif. Dirasa cara ini sangat efektif karena mencegah adanya praktik manipulasi suara.

KPU Upload Form C1 Tiap TPS

Sepertinya untuk Pilpres 2014 ini hal senada akan dilakukan. Dalam keterangan persnya, di di kantornya Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (8/7/2014), Komisioner KPU Sigit Pamungkas mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pengunggahan form C1 untuk masing-masing TPS ke website KPU.

Memang secara teknis bahwa lembar C1 ini akan diberikan kepada masing-masing TPs untuk kemudian discan dan dibawa ke kantor KPU Kabupaten/Kota untuk kemudian dikirimkan ke dalam bentuk soft file ke pihak KPU RI.

Untuk kemudian KPU RI mengupload scan C1 ke dalam website www.kpu.go.id. Dengan demikian semua orang dapat melihat salinan C1 yang ada ditiap TPS dengan format Jpg. Sehingga jika ada kecurangan yang ada didalam form C1 akan terlihat berbeda, dengan demikian C1 yang ada di website dapat dijadikan rujukan.

Data yang diupload tersebut dapat diliat di TPS sehingga dapat dijadikan sebagai data pembanding. Tidak hanya C1 yang diupload, karena KPU juga akan memperhatikan form C1 yang mempunyai hologram pada masing-masing TPS untuk kemudian dibawa ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan/desa. (Maria Ulfa – sisidunia.com)