Home » News » Duo Pentolan Obor Rakyat Hanya Dikenakan Denda?

Duo Pentolan Obor Rakyat Hanya Dikenakan Denda?



Jakarta โ€“ Pada akhirnya pihak penyidik kepolisian telah resmi menetapkan duo orang dari tabloid Obor Rakyat dijadikan sebagai tersangka. Hal ini dikarenakan keduanya disangkakan telah melakukan pelanggaran atas undang-undang pers.

Duo Pentolan Obor Rakyat Hanya Dikenakan Denda

Dalam keterangan persnya semalam, Kamis (3/7/2014), Direktur Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Brigjen Herry Prastowo mengungkapkan bahwa saat ini tersangka Darmawan Sepriyossa dan Setyardi Budiyono sudah ditetapkan sebagai tesangka, sedangkan untuk SPDP (Surat Perintah Dalam Penyelidikan)baru akan dikirimkan ke pihak Kejagung pada hari ini.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh saksi ahli bahwa pihak penyidik pada akhirnya menetapkan kedua oang tersebut dengan pasal 9 ayat 2 UU 40/1999 yang berisikan tentang pers. Dimana didalamnya telah diatur bahwa seharusnya pers memiliki badan hukum.

Pasal tersebut berbunyi bahwa “Setiap perusahaan pers harus berbentuk badan hukum Indonesia,” Yang menjadi pertanyaan kini adalah apakah sanksi pidana jika melanggar ketentuan dari pasal tersebut?

Didalam bab VIII UU 40/1999 yang berkaitan dengan ketentuan pidana, sama sekali tidak menyebutkan sanksi pidana kurungan penjara. Dimana untuk sanksi pidana melakukan pelanggaran atas pasal 9 ayat 2 diatur didalam pasal 18 ayat 3.

Dalam pasal tersebut berbunyi bahwa jika ada perusahaan pers yang melanggar ketentuan pasal 9 ayat 2 dan pasal 12 dipidana denda paling banyak Rp 100.000.000. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)