Home » News » Manakah yang Lebih Unggul, Kotak-Kotak atau Garuda Merah?

Manakah yang Lebih Unggul, Kotak-Kotak atau Garuda Merah?



Jakarta โ€“ memang kedua pasangan calon presiden Pemilu 2014 ini memiliki cirri khas tersendiri. Dimana untuk Jokowi selalu menggunakan kemja kotak-kotak sedangkan Prabowo Subianto selalu menggunakan baju putih dengan memiliki lambang ‘garuda merah’.

Manakah yang Lebih Unggul, Kotak-Kotak atau Garuda Merah

Sepertinya dua identitas itu akan muncul di dalam kertas suara dalam Pilpres 2014. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah mana kah dari keduanya yang lebih efektif?

Kepada awak media, Jumat (6/6/2014), pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengungkapkan bahwa memang dalam kurun waktu 2 tahun ini Jokowi identik dengan baju kotak-kotak. Terlebih lagi bagi masyarakat Jakarta sangat memahaminya.

Sedangkan untuk Garuda merah memang relatif baru dikenal oleh masyarakat. Sebagaimana yang diketahui bahwa dalam Pilgub DKI 2012, kemeja kotak-kotak berhasil membawa Jokowi ke kursi Gubernur DKI dan mengalahkan Gubernur DKI incumbent Fauzi Bowo (Foke).

Oleh karena itu mengapa kemeja kotak-kotak yang menjadi ciri khas Jokowi dipandang memiliki keefektifan untuk dapat menarik minat masyarakat Indonesia dalam Pilpres 2014 ini. Terlebih lagi jika dalam surat suara Jokowi menggunakan baju kotak-kotak, maka komunikasinya dapat menjadi “Coblos yang kotak-kotak”.

Hal ini dikarenakan hanya Jokowi yang menggenakan baju kotak-kotak. Namun diakui oleh Hendri bahwa untuk saat ini memang jarang sekali para pemilih melihat baju yang dikenakan oleh pasangan capres. Yang pasti adalah pemilih biasanya lebih berkonsentrasi dengan nomer dan fotonya.

Walaupun demikian kedua capres ini memiliki harapan yang besar agar masyarakat juga dapat membedakan dari sisi kostum yang menjadi cirri khasnya. Sehingga kotak-kotak dapat menjadi sebuah tren baru dan menjadi pelang yang besar bagi kubu Jokowi jika dibandingkan dengan tren garuda merah di dada,” pungkas Hendri. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)