Home » Techno » SoftBank Perkenalkan Robot Humanoid Pertama Didunia

SoftBank Perkenalkan Robot Humanoid Pertama Didunia



Jepang – Berbagai perkembangan terkait dunia teknologi saat ini memang semakin pesat dan kian canggih. Inovasi demi inovasi terus bermunculan tanpa terkecuali yang dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi terkemuka berbasis di Jepang, SoftBank, dimana belum lama ini merilis robot berkemampuan memiliki rasa layaknya manusia.

SoftBank Perkenalkan Robot Humanoid Pertama Didunia

Credit Photo : Issei Kato/Reuters

Sebagaimana lansiran dari EnGadget, Kamis (05/06/2014), pada jumpa pers perilisannya, Masayoshi Son selaku CEO SoftBank mengatakan robot keluarannya tersebut dijuluki ‘Pepper’ dan dinyatakan sebagai robot humanoid pertama dengan kemampuan bisa merasakan sesuatu hal layaknya seorang manusia secara umumnya.

Dari segi bentuk desainnya, robot ‘Pepper’ memiliki tampilan layaknya manusia dengan tinggi badan satu meter dilengkapi jari-jari mirip manusia, namun bentuk kakinya tak jauh berbeda dengan sirip ikan atau lebih tepatnya ekor putri duyung. Selain itu terdapat sebuah tablet yang diletakkan dibagian dadanya.

Dan penggunaan sistem ‘Artificial Intelligence’ (AI) milik SoftBank membuat teknologi canggih tersebut menjadi bisa memiliki perasaan. Interaksi dengan manusia dapat dipelajari secara alami untuk kemudian data-data yang diperolehnya itu disimpan melalui penggunaan teknologi AI lalu ditirukan oleh ‘Pepper’.

Ketika melakukan demonstrasi, gerakan yang dibuat oleh ‘Pepper’ adalah salam penghormatan ala negara Jepang, yaitu membungkukkan badan. Dan pihak pengembang, SoftBank serta Aldebaran Robotics, berencana menjualnya dibulan Februari 2015 dengan kisaran harga 23 juta dalam mata uang rupiah, berlokasi di Tokyo. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)