Home » News » Mantan Presiden Ekuador Dijatuhi Hukuman Penjara 12 Tahun

Mantan Presiden Ekuador Dijatuhi Hukuman Penjara 12 Tahun



Jakarta โ€“ Pihak pengadilan ekuador telah menjatuhkan vonis hukuman penjara kepada sang mantan Presiden Jamil Mahuad terkait dengan adanya kasus korupsi. Dimana dalam hal ini Mahuad dijatuhi vonis selama 12 tahun secara in absentia.

Mantan Presiden Ekuador Dijatuhi Hukuman Penjara 12 Tahun

Sebagai informasi bahwa Mahuad di tahun 1998-200 menjabat sebagai Presiden dan untuk saat ini ia tinggal di Amerika Serikat. Seperti yang dikutip dari kantor berita AFP, Jumat (30/5/2014), saat ini pihak Interpol telah memberikan surat penangkapan kepada mantan dari pimpinan Ekuador tersebut. Sayangnya pihak AS sendiri sampai saat ini belum mempunyai perjanjian ekstradisi dengan pihak Ekuador.

Di tahun 1999, Mahuad telah memimpin Ekuador ketika krisis keuangan melanda Negara tersebut. Bahkan ia juga telah memerintahkan pembekuan sekitar 50 persen seluruh rekening bank dari warga Ekuador. Ditambah lagi Ekuador pada akhirnya memilih dolar AS sebagai mata uang negaranya. Dengan adanya kekacauan tersebut mengakibatkan rakyat Ekuador mengalami kerugian mencapai US$ 8 miliar.

Dengan vonis yang diterima Mahuad, Presiden Ekuador yang menjabat saat ini, Rafael Correo merasa kasihan. Karena menurut pendapatnya kemungkinan besar kala itu Mahuad mendapatkan saran yang buruk dari orang-orang sekitarnya.

Sayangnya atas kejadian tersebut, tidak bisa dimaafkan begitu saja dan harus mendapatkan hukuman. Mahuad sendiri telah kabur ke AS setelah digulingkan dari jabatannya dikarenakan aksi-aksi demo terkait kebijakan ekonominya. (Maria Ulfa – sisidunia.com)