Home » Techno » Samsung Lebih Tertarik Bangun Pabrik di Vietnam Daripada Indonesia

Samsung Lebih Tertarik Bangun Pabrik di Vietnam Daripada Indonesia



Jakarta – Perusahaan elektronik terkemuka dengan basis produksi di Korea Selatan, Samsung, dilaporkan hampir mencapai kata final untuk pembangunan pabrik baru diwilayah Vietnam. Hal ini cukup mengejutkan mengingat beberapa waktu sebelumnya pihak Samsung santer diberitakan memiliki rencana membangun pabrik baru di Indonesia.
Samsung Lebih Tertarik Bangun Pabrik di Vietnam Daripada Indonesia
Adapun alasan kuat pihak Samsung lebih memilih untuk membangun pabrik baru didaerah Vietnam, karena pemerintah Indonesia berencana memberlakukan pajak penjualan barang mewah atau PPnBM untuk perangkat keras ponsel. Selain itu sejumlah aturan lainnya pun dianggap sebagai faktor pihak Samsung lebin condong membangun di Vietnam.

Hal itu sebagaimana pengungkapan Lee Kang Hyun selaku Wakil Presiden Samsung Electronics di Jakarta, Rabu (28/05/2014). “Jika itu (PPnBM) diberlakukan, maka akan membuat ponsel ilegal akan masuk banyak sekali. Bahkan produk Samsung kita yang sama pun tidak bisa bersaing dengan yang ilegal karena itu barang lebih murah,” ujar Lee.

Atas dasar itulah pihak perusahaan elektronik terkemuka asal Korea Selatan itu lebih antusias untuk melakukan pembangunan pabrik barunya dinegara Vietnam. Kemudian disampaikan pula pemerintah disana nantinya akan memberikan insentif pajak hingga 30 tahun mendatang yang membuat Samsung tampak semakin tertarik. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)