Home » News » PT KCJ Berencana Datangkan 176 Kereta

PT KCJ Berencana Datangkan 176 Kereta



Jakarta โ€“ Pihak operator KRL Commuter Line dalam hal ini adalah PT PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) berencana membeli sekitar 176 unit kereta lagi yang berasal dari Jepang. Dimana rencananya kereta tersebut akan didatangkan secara bertahap dimulai pada Agustus 2014 nanti.

PT KCJ Berencana Datangkan 176 Kereta

Dalam keterangan persnya, Senin (26/5/2014), bertempat di kantor PT KCJ Apriono Cresnanto di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat, Direktur Operasi membenarkan bahwa pihaknya akan melakukan pembelian kereta dari Jepang dengan no. seri 205 dan 204.

Nantinya akan didatangkan 176 unit yang akan didatangkan secara bertahap dan tiba di Agustus pada bulan Agustus. Dimana kereta baru ini menambah rangkaian ini KRL dari 9 menjadi 10 gerbong. Dimana penambahan KRL ini menyusul setelah selesainya 2 jalur rel utara kereta api ke daerah.

Apriono mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada sekitar 600 ribu penumpang setiap harinya, sehingga dengan adanya penambahan ini dapat menampung sekitar 630 ribu hingga 650 ribu penumpang setiap harinya.

Tercatat dalam lima tahun belakangan ini, pihak KCJ telah membeli sekitar 488 unit KRL yang berasal dari Jepang. Dimana rencananya 176 rangkaian penambahan kereta ini akan digunakan untuk para penumpang Bogor-Jakarta yang saat ini jumlahnya mengalami peningkatan.

Sehingga nantinya untuk kereta Bogor-Jakarta pihak KCJ akan mengoperasikan sekitar 9 rangkaian dengan 10 gerbong di setiap rangkaiannya. Alhasil daya angkutnya akan menjadi bertambah sekitar 25 persen.

Sedangkan untuk jumlah penumpang Tangerang-Jakarta dan Bekasi-Jakarta sampai saat ini jumlahnya belum signifikan. Selian itu KCJ juga berencana menambah jumlah perjalanan KRL sekitar 645 perjalanan per harinya.

Dengan adanya penambahan ini maka jadwal KRL akan maju satu jam menjadi 04.00 WIB hingga 23.30 WIB. Sedangkan untuk durasi kedatangan kereta menjadi lebih singkat, sekitar 5-6 menit, pungkas Apriono. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)