Home » News » Jenderal Prayuth Resmi Ditunjuk Sebagai Pimpinan Junta Militer

Jenderal Prayuth Resmi Ditunjuk Sebagai Pimpinan Junta Militer



Bangkok – Panglima militer Jenderal Prayuth Chan-O-Cha resi ditunjuk sebagai pimpinan junta militer oleh Raja Thailand Bhumibol Adulyadej. Dengan demikian maka untuk saat Jenderal Prayuth secara resmi memimpin pemerintahan Thailand.

Jenderal Prayuth Resmi Ditunjuk Sebagai Pimpinan Junta Militer

Jenderal Prayuth

Seperti yang dikutip dari AFP, Senin (26/5/2014), perintah dari kerajaan Thailand berbunyi bahwa untuk dapat mengembalikan perdamaian dan ketertiban serta persatuan, Raja telah menunjuk Jenderal Prayuth Chan-O-Cha untuk menjabat sebagai kepala Dewan Perdamaian dan Ketertiban Nasional dalam rangka untuk mejalankan pemerintahan Thailand.

Bahkan dalam pernyataan tersebut juga mengungkapkan bahwasanya Jenderal Prayuth telah memberikan peringatan kepada Kerajaan Thailand atas aksi kekerasan yang terjadi di Bangkok dan beberapa wilayah lainnya semakin meluas dan tentunya dapat membahayakan keamanan nasional.

Penunjukkan tersebut dilaksanakan dalam sebuah upcara yang dilaksanakan di Bangkok. Dengan demikian maka kini Jenderal Prayuth saat ini resmi menjadi pemimpin pemerintahan Thailand. Dalam keterangan persnya, Prayuth menginginkan agar keadaan di Thailand segera kembali ke system demokrasi yang sesungguhnya.

Untuk diketahui bahwa Raja Bhumibol Aduyadej sangat dihormati seluruh rakyat Thailand, walaupun saat ini kondisi kesehatannya tidak sehat betul. Namun sepertinya dalam upcara penunjukan ini Raja Bhumibol tidak akan hadir.

Dengan adanya restu yang dating dari Raja Bhumibol maka menjadi langkah penting legitimasi kudeta militer yang ada di Thailand. Dimana hal ini sudah terjadi sekitar 19 kali tercatat sejak tahun 1932. Sayangnya sampai saat belum ada komentar resmi dari Raja Bhumibol atas kudeta militer Thailand. (Maria Ulfa – sisidunia.com)