Home » News » Prancis Mengklaim Suriah Masih Menggunakan Senjata Kimianya

Prancis Mengklaim Suriah Masih Menggunakan Senjata Kimianya



Washington โ€“ Sepertinya penggunaan atas senjata kimia di Suriah semakin menunjukkan bukti-bukti yang kuat. Bahkan diyakini sejak akhir 2013 lalu tercatat rezim pemerintah Suriah telah menggunakan senjata kimia termasuk didalamnya adalah Klorin sebanyak 14 kali.

Prancis Mengklaim Suriah Masih Menggunakan Senjata Kimianya

Dalam kunjungan kerjanya ke Washington, Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius menyampaikan hal tersebut. Bahkan Fabius juga mengutarakan penyesalannya karena Obama dianggap gagal melaksanakan serangan ke Suriah dikarenakan penggunaan gas sarin yang terjadi pada tahun lalu.

Karena jika dulunya AS melaksanakan serangan tersebu, maka keadaan yang ada di Suriah tentu akan jauh berbeda. Seperti yang dikutip dari AFP, Rabu (14/5/2014), dalam keterangan persnya bertempat di Washington, Fabius mengungkapkan bahwa walaupun sebenarnya menyesalinya, namun mereka tidak dapat mengubah sejarah.

Fabius juga mengungkapkan informasi terkait penggunaan senjata kimia di Suriah berdasarkan data dari pihak otoritas Prancis bahwa sedikitnya ada sekitar 14 kali penggunaan dari senjata kimia sejak Oktober 2013.

Ada banyak sekali bukti atas penggunaan senjata kimia oleh Suriah. Saat ini pihak otoritas Prancis sedang memeriksa semua bukti serta elemen terkait penggunaan senjata kimia tersebut. Didapatkan hasil ada sekitar 14 kali penggunaan senjata kimia, padahal Presiden Bashar al-Assad telah menyepakati untuk memusnahkan senjata kimia.

Untuk minggu ini saja, senjata kimia, klorin, masih dipergunakan walaupun dalam kapasitas yang kecil. Untuk dikatahui bahwa saat proses pemusnahan senjata kimia Suriah yang telah diawasi oleh Organization for the Prohibition of Chemical Weapons (OPCW) dan PBB sudah mencapai 92 persen. (Maria Ulfa – sisidunia.com)