Home » News » Korsel Meyakini UAV Itu Berasal dari Korut

Korsel Meyakini UAV Itu Berasal dari Korut



Seoul โ€“ Pihak otoritas Korea Selatan yang bekerjasama dengan ahli yang berasal dari Amerika Serikat telah berhasil menganalisa bahwa tiga pesawat yang beberapa bulan terakhir ini telah memasuki wilayahnya memang benar telah diterbangkan dari pihak Korea Utara.

Korsel Meyakini UAV Itu Berasal dari Korut

Seperti yang dikutip dari AFP, Kamis (8/5/2014), Juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel, Kim Min Seok mengungkapkan bahwa hasil investigasi dari tim gabungan telah dipastikan dimana asal dari pesawat tak berawak (UAV) itu. Hal ini dianalisa berdasarkan dari titik koordinat GPS yang ada di pesawat.

Ketiga jenia UAV ini memang benar berasal dari Korea Utara. Dengan demikian hal ini adalah sebuah bentuk provokasi militer. Untuk diketahui bahwa pesawat tak berawak itu ditemukan dalam tiga lokasi yang berbeda.

Namun dekat dengan perbatasan wilayah Korsel dan Korut dengan tanggal kejadian diantara 24 Maret sampai 6 April. Sebuah pesawat jatuh dikarenakan adanya permasalah pada mesinnya, sedangkan dua yang lainnya jatuh dikarenakan kehabisan bahan bakar.

Jika dilihat dari fisiknya, pesawat tak berawak tersebut memang tidak terlalu sempurna. Hal ini dikarenakan pesawat tersebut dilengkapi dengan kamera yang berhasil mengabadikan beberapa foto di perbatasan, beberapa wilayah di Seoul, termasuk didalamnya ada foto istana kepresidenan Korsel.

Terkait hal ini piahk otoritas Korea Utara menolak ikut serta terlibat didalamnya. Bahkan Korut justru menuding balik hal ini adalah sebuah bentuk rekayasa dari Korsel terkait pesawat tak berawak itu. (Maria Ulfa – sisidunia.com)